Eropa

Provokasi! Turki Larang Helikopter Menteri Pertahanan Jerman Mendarat di Pulau Lesbos

3 Maret 2016

YUNANI, SALAFYNEWS.COM – Pemerintah Turki meneruskan aksi provokatifnya pada Rabu (02/03) dengan melarang helikopter Menteri Pertahanan Jerman Ursula von der Line mendarat di pulau Lesbos, Yunani.

Saluran stasiun TV Yunani “Sky” menyebutkan bahwa perjalanan Menteri Pertahanan Jerman dijadwalkan pada 6 Maret sesuai dengan agenda safari.

Menteri Pertahanan Jerman dijadwalkan setelah mengunjungi Miteleyna akan langsung menumpangi sebuah helikopter menuju salah satu kapal militer Jerman “Bonn” yang ikut berpartisipasi dalam tugas NATO di perairan Laut Aegean untuk menghentikan arus pengungsi ke Eropa. Ankara mengatakan bahwa pulau Lesbos Yunani adalah pulau demiliterisasi, pesawat dan helikopter militer tidak bisa mendarat di sana.

Saluran “Sky” mengatakan bahwa Turki menanggapi secara negatif permintaan dari Menteri Pertahanan Jerman yang menyatakan keinginannya untuk mengunjungi pantai Turki dan mengevaluasi secara pribadi situasi para pengungsi dan aktivitas para penyelundup.

Pada awal Februari lalu, kejadian serupa terjadi dengan PM Yunani, Alexis Tsipras yang telah merencanakan untuk mengunjungi Iran, namun Ankara melarang pesawat Tsipras untuk terbang di wilayah udaranya untuk mengisi bahan bakar dari pulau Rhodes Yunani yang juga merupakan pulau demiliterisasi.

Pada akhirnya Athena terpaksa mengubah jalur penerbangan karena ulah Turki, setelah pengisian bahan bakar di Rhodes pesawat Tsipras menuju ke Iran melalui Mesir, Yordania dan Arab Saudi.

Media Yunani munuduh Ankara telah merusak kesepakatan tentang penempatan pasukan NATO di perairan Laut Aegean, buletin “Proto” mengutip laporan dari “Agence France Presse” bahwa Turki tidak mengizinkan penempatan pasukan NATO di wilayah perairan mereka, terlepas dari tercapainya kesepakatan dalam hal ini atau tidak.

Selain itu AFP juga mengutip keterangan dari sumber-sumber diplomatik di Brussels yang meyebutkan bahwa “Turki tidak menunjukkan antusiasme” mengenai penerimaan pengungsi yang diselamatkan oleh kapal-kapal NATO dalam rangka tugas untuk menghentikan arus pengungsi ke Eropa. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: