Nasional

Puncak Mudik Lebaran H-3

Salafynews.com, BREBES – Kapolda Jateng Irjen Pol Nur Ali yang memantau arus mudik di pintu keluar tol Pejagan, Brebes, pada H-5 Lebaran kemarin menilai arus lalu lintas di wilayah Jateng masih lancar. Dia memperkirakan puncak arus mudik baru akan terjadi pada H-3 Lebaran atau besok. “Tidak ada kendala, lancar sekali. Paling yang agak penuh itu di SPBU, orang pada beristirahat,” tandasnya.

hhh

Info Jalur Pantura

Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti mengatakan, arus kendaraan pemudik dari Jakarta pada H-5Lebaransudahmenunjukkan peningkatan, tetapi belum signifikan. Menurut dia, secara umum kesiapan infrastruktur oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan pengamanan dari personel kepolisian sudah berjalan dengan baik.

“Mudah-mudahan masyarakat yang mudik tahun ini dapat mudik dengan aman,” kata Kapolri yang kemarin meninjau arus mudik di Brebes bersama Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM Tedjo Edhy Purdijatno, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Kapolri menilai pelayanan di gerbang tol Cikopo masih lambat.

Hal ini memicu antrean panjang kendaraan pemudik. “Pembayaran masih agak lambat. Karena targetnya 8 detik, tapi baru bisa diselesaikan 20 detik. Jadi ini membuat antrean kendaraan yang agak panjang,” paparnya. Kapolri berharap segera ada tambahan pelayanan di loket tol tersebut agar penumpukan kendaraan tidak semakin parah.

Kemacetan pada musim mudik tahun ini diprediksi lebih banyak terjadi di Jateng menyusul telah beroperasinya tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Dari pantauan kemarin, jalur pantura Jawa Barat terlihat lengang. Para pemudik dengankendaraanpribadi, angkutan umum maupun sepeda motor bisa melaju kencang.

Penumpukan kendaraan di pintu keluar tol Cikampek, Simpang Jomin, Patrol maupun Loh bener tak lagi terlihat. Sementara dijalur selatan Jawa Barat, arus lalulintas terpantau ramai seperti di Nagreg, Kabupaten Bandung menuju Garut. Arus kendaraan dijalur nasional itu didominasi kendaraan roda dua.

Dijalur selatan Jateng, khususnya ruas perbatasan dengan Jawa Barat hingga Karangpucung, Kabupaten Cilacap, terpantau masih lancar. Peningkatan arus mudik diprediksi terjadi mulai H-3 Lebaran dengan puncaknya pada hari Kamis (16/7) atau H-1 Lebaran.

Di Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, jumlah pemudik maupun kendaraan juga terlihat padat. Peningkatan jumlah penumpang baik penumpang dalam kendaraan maupun penumpang pejalan kaki terlihat meningkat sejak H-7 dan H-6 lalu. (SFA/MM/BB/koran-sindo.com)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: