Eropa

Putin; Kemandirian Eropa Tidak Ada Hubungannya Dengan Anti Amerikanisme

MOSKOW, Salafynews.com – Presiden Rusia Vladimir Putin berharap bahwa Eropa bisa lebih mandiri dalam masalah kemiliteran dan tidak lagi bergantung pada Amerika. Putin juga berharap tidak akan ada peperangan baru lagi di Eropa.

“Posisi ini tak ada hubungannya dengan anti-Amerikanisme. Kami menghormati dan mempunyai rasa kasih yang besar terhadap Amerika Serikat, terutama kepada orang-orang yang berasal dari Amerika Serikat,” jelas Putin setelah menjelaskan mengenai keinginannya melihat kemandirian dan kedaulatan Eropa.

putinDalam wawancara dengan saluran televisi RTS sebagaimana dilansir Russian Today pada Selasa(28/7) lalu, Presiden Rusia, Vladimir Putin mencatat bahwa kebijakan imperialisme telah diterapkan Amerika sejak lama. Putin mengutip pendapat seorang analis politik di Amerika yang berpendapat bahwa “kemiripan sistem kekaisaran ini akan merugikan Amerika Serikat”.

“Ini akan menjadi sesuatu yang besar untuk melihat Eropa menunjukkan bahwa mereka lebih merdeka dan lebih berdaulat, serta memiliki kemampuan untuk membela kepentingan nasional, kepentingan bangsa dan negaranya,” ungkap Putin.

Putin menuturkan, saat ini banyak negara-negara di Eropa yang secara tidak sadar telah kehilangan kedaulatan dan kemerdekaan mereka, saat negara-negara tersebut memutuskan bergabung dengan sebuah blok militer. Ia merujuk pada negara-negara yang bergabung dengan NATO.

Dirinya mencontohkan langkah Prancis, yang dulu sempat keluar dari NATO dengan tujuan untuk mengejar kedaulatan mereka sendiri. Saat Prancis lepas dari NATO, ujar Putin, negara tersebut mengalami kemajuan yang luar biasa, dibanding saat Prancis masih bersama NATO.

Putin menekankan bahwa “Untuk menganalisis kebijakan di negara-negara Eropa bukanlah urusan kami, tetapi harus diakui bahwa kita memang harus mendiskusikan mengenai urusan intra-Eropa dengan mitra-mitra Eropa di Washington, walaupun ini tidaklah terlalu menarik,” ujar sang pemimpin Rusia.

Mengenai kemungkinan adanya perang baru di Eropa, Putin menyatakan pihaknya berharap hal itu tidak akan pernah terjadi.

“Saya harap tidak,” jawab Putin terhadap pertanyaan mengenai kemungkinan perang baru di Eropa yang dilontarkan oleh saluran televisi Swiss RTS. (lm/rt/sfa)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: