Eropa

Putin; Rusia Tidak Ikut Campur Urusan Politik Suriah, Tugas Kami Memusnahkan Teroris

26 Januari 2016

MOSKOW, SALAFYNEWS.COM – Rusia tidak berniat campur tangan dengan urusan internal Suriah, dan hanya membantu pemerintah sah di negara itu melawan terorisme, kata Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin, 25/01/16.

“Anda tahu, kami tidak berniat campur tangan dalam sistem politik, dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh Suriah atau negara-negara lain di kawasan. Tugas kami adalah membantu rakyat Suriah, membantu pemerintah yang sah dalam memerangi terorisme dan memusnahkan teroris dari tanah Suriah,” kata Putin, dihadapan mahasiswa Suriah di Universitas Federal Utara-Kaukasus, menukil laporan Sputnik.

Suriah terperosok dalam perang militansi sejak 2011, dengan faksi oposisi dan kelompok Takfiri seperti Negara Islam Irak atau ISIS.

Sejak awal perang, Amerika Serikat dan sekutu Arab mendukung apa yang disebut oposisi Suriah moderat, dan mendesak pemimpin Suriah Bashar Assad untuk mengundurkan diri. Selain itu, Washington juga menyebut pengunduran diri Assad merupakan prasyarat untuk terlibat dengan pihak berwenang Suriah.

Sementara Moskow melakukan serangan udara terhadap sasaran ISIS dan kelompok Takfiri lain di Suriah sejak 30 September menyusul permintaan resmi dari Presiden Assad dan mandat PBB.

Rusia dan Iran selama ini mengakui Assad sebagai otoritas yang sah di negara ini, dan menekankan rakyat Suriah berhak dan bebas memilih kepemimpinan tanpa intervensi dari luar. [Sfa/AB/IT]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: