Asia

Putra Mahatir Mengundurkan Diri dari Menteri Besar Kedah

3 Februari 2016

MALAYSIA, SALAFYNEWS.COM – Putra mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad mengundurkan diri dari kepala Menteri Negara dalam apa yang dilihat sebagai langkah oleh Perdana Menteri Najib Razak untuk menghilangkan saingan .

Mukhriz Mukhriz , 51 , ​​mengumumkan pengunduran dirinya dari jawatan Menteri Besar Kedah pada Rabu (3/02) menyusul dorongan dari putusan Organisasi Nasional Inggris Melayu ( UMNO ) untuk mengusir dia, media lokal melaporkan .

Sebelumnya dia dipredeksi berpeluang besar menjadi Perdana Menteri masa depan. Bagaimanapun, peluangnya dipengaruhi oleh kritik yang sedang berlangsung  terhadap ayahnya dan menyerukan pengunduran diri Najib atas skandal rekening gendut.

Pemerintah Malaysia telah terlibat dalam skandal selama lebih dari satu tahun setelah laporan menunjukkan bahwa uang senilai  empat miliar dolar dilaporkan hilang dari Berhad, juga dikenal sebagai dana 1MDB yang dialokasikan untuk investasi dalam proyek-proyek pembangunan ekonomi dan sosial di Malaysia.

Najib, yang mendirikan 1MDB pada tahun 2009 terlibat dalam skandal tersebut setelah dokumen yang bocor pada tahun lalu menyebutkan USD 681.000.000 disetorkan ke rekening pribadinya yang berasal dari entitas terkait dengan 1MDB.

Perdana Menteri Malaysia dan 1MDB menyangkal bahwa USD 681.000.000 terlibat uang perusahaan investasi, tapi kritikus Najib, termasuk Mahathir mengatakan Perdana Menteri harus mengundurkan diri.

Bulan lalu, Jaksa Agung Malaysia Mohamed Apandi Ali memutuskan Najib bebas dari segala tuduhan, dan mengatakan uang itu sumbangan pribadi dari keluarga kerajaan Saudi.

Apandi mengatakan pada hari Sabtu bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan pihak berwenang Swiss dalam penyelidikan kasus ini.

Skandal ini, mendorong Najib mereshuffle kabinetnya untuk menggulingkan sejumlah pengkritiknya, seperti wakilnya dan Jaksa Agung. [Sfa/AB/Presstv]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: