Internasional

Raja Saudi Batal Hadiri KTT di Amerika Serikat

Salafynews, RIYADH – Sumber resmi Saudi menyatakan bahwa Raja Saudi Salman bin Abdulaziz tidak akan menghadiri KTT yang akan diselenggarakan antara Amerika Serikat dan negara-negara yang tergabung dalam Dewan Kerjasama Negara-Negara Arab Teluk (GCC) atas undangan Presiden Barack Obama pada 13 dan 14 Mei.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir dalam pernyataan yang disiarkan oleh Kedutaan Saudi di Washington mengatakan, delegasi Saudi akan dipimpin oleh Pangeran Mohammed bin Nayef bin Abdul Aziz, Putra Mahkota merangkap Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri.  Dan turut serta bersamanya Pangeran Mohammad bin Salman Putera Mahkota Kedua merangkap Wakil Kedua Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan serta sejumlah pejabat.

Enam pemimpin GCC akan bertolak ke Gedung Putih pada 13 Mei dan turut serta di hari berikutnya pada pertemuan puncak di Camp David.

Menteri Luar Negeri Saudi mengatakan Raja Salman tidak akan hadir dalam pertemuan  puncak, karena alasan waktu KTT dan jadwal gencatan senjata di Yaman serta peresmian Pusat Raja Salman untuk Bantuan Kemanusiaan, sebagaimana disebutkan dalam pernyataan kedutaan Saudi.

Pernyataan itu menyinggung bahwa Adel al-Jubeir  menegaskan kembali komitmen Raja Salman dalam memulihkan perdamaian dan keamanan Yaman dan keinginannya untuk memberikan bantuan kemanusiaan secepatnya kepada rakyat Yaman (menurut pernyataan itu).

Sebelumnya Mujtahid dalam akun twitternya minggu pagi kemarin mengungkapkan, Sabah al-Ahmad, Emir Kuwait yang mengenal baik Raja Salman, menyarankan Salman agar tidak pergi  ke Amerika, menghadiri KTT dengan alasan keselamatan dan kesehatannya yang semakin memburuk.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: