Internasional

Rakyat Mosul Bangkit Lawan Teroris ISIS, Perang Dijalanan Akan Terjadi

Minggu, 23 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSUL – Seorang pejabat senior dari Pemerintah Daerah Kurdistan (KRG) menyambut baik berita bahwa penduduk Mosul telah bangkit melawan teroris Daesh/ISIS Takfiri, dan mengatakan kota Mosul kemungkinan akan menyaksikan pertempuran jalanan “orang dengan orang”. (Baca: Dihajar Habis Oleh Pasukan Populer dan Suku Irak, ISIS Lari dari Mosul)

“Ada banyak laporan bahwa ada unsur-unsur yang telah sepakat untuk membunuh anggota Daesh/ISIS. Laporan juga menyebutkan bahwa beberapa anggota Daesh/ISIS tewas di jalan,” kata Karim Sinjari kepada TV al-Sumaria.

Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pertahanan dari KRG, yang berbicara kepada Reuters, mengatakan tanpa bantuan dari dalam Mosul, seperti informan atau mata-mata dan kerjasama dari kelompok suku, pasukan Irak tidak akan mampu mengalahkan Daesh/ISIS.

Militer Irak bersama dengan pejuang relawan dan pasukan Peshmerga Kurdi, telah terlibat dalam operasi besar untuk pembebasan Mosul sejak 17 Oktober. (Baca: PM Irak: Kami Tidak Butuh Turki Untuk Bebaskan Mosul dari Teroris ISIS)

Di tempat lain dalam sambutannya, Sinjari menolak spekulasi bahwa Irak akan mampu dalam waktu dekat merebut kembali Mosul. Ia juga mengatakan pertempuran kota akan semakin menyulitkan laju pasukan Irak.

“Jika mereka menolak di kota, terutama di kota Mosul tua, maka itu akan menjadi pertarungan besar … Jalan-jalan sangat sempit. Anda tidak bisa menggunakan kendaraan, tank dan kendaraan militer lainnya. Sehingga akan menjadi pertarungan, orang dengan orang,” kata pejabat KRG.

Sinjari mengatakan teroris Daesh/ISIS bisa memasang pertarungan sengit karena nilai simbolis Mosul bagi mereka. (Baca: Pemimpin Kurdi: Sekarang Saatnya Mosul Dibebaskan)

Laporan pada hari Sabtu mengatakan pasukan Irak telah maju lima kilometer lebih ke arah Mosul, yang merupakan benteng besar dan terakhir Daesh/ISIS di Irak. Mereka mengatakan tentara telah berhasil membebaskan sepuluh desa dari selatan Mosul. Para pejuang Peshmerga juga telah merebut kembali 20 desa di sisi timur Mosul. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: