Umum

Ramadhan Mubarok, Ini Amalan yang Memperlancar Rezeki

Salafynews.com – Selamat menunaikan ibadah puasa, bulan Ramadan bulan penuh ampunan. Setiap amalan yang dilakukan di bulan ramadan, dilipatgandakan pahalanya. Sudah tahu amalan yang bisa memperlancar rezeki?

Muh Quraish Shihab, Dewan Pakar Pusat Studi al-Qur’an, menjelaskan di situs alifmagz.com, berikut amalan yang dapat mempelancar rezeki:

“Jaminan untuk kelancaran rezeki yang kita temukan di dalam al-Qur’an adalah sikap takwa kita.

Barang siapa bertakwa kepada Allah, maka Dia akan memberinya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak dia duga-duga. (Lihat Q.S. al-Thalaq [65]: 2).

quraisPesan moral ayat ini adalah: bertakwalah dengan sebenar-benar takwa, maka rezeki itu akan dimudahkan, insya Allah.

Ada lagi, dalam ayat lain, al-Qur’an menyebutkan: Barang siapa yang beramal saleh (dalam arti bekerja, berbuat baik), baik laki-laki maupun perempuan, dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik [hayah thayyibah]) dan akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan (Q.S. al-Nahl [16]: 97).

Banyak pakar tafsir yang mengartikan hayah thayyibah pada ayat ini sebagai rezeki dan kebahagiaan dunia.

Pesan moral ayat ini adalah: jika kita ingin dimudahkan rezeki, berimanlah dan bekerjalah dengan sungguh-sungguh.

Yang ketiga, dalam sebuah hadis disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Tidak ada satu hari pun yang dialami hamba-hamba kecuali ada dua malaikat . Yang satu berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang berinfak.’

Sedang yang lain berdoa, ‘Ya Allah, berilah kehancuran kepada orang yang menahan (tidak menginfakkan) hartanya.’” Hadits ini sahih dan diriwayatkan dari Abu Hurairah oleh Bukhari dan Muslim. Pesan moral hadis ini adalah banyak-banyaklah berinfak agar banyak mendapat ganti dari Allah.

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (Q.S. an-Nahl: 97). (SFA/Tribun)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: