Internasional

Ratusan Warga Irak Demo Usir Kedubes Saudi di Baghdad

08 Januari 2016,

SALAFYNEWS.COM, BAGHDAD – Para aktifis dan warga Irak melakukan demonstrasi besar-besaran di Lapangan Pembebasan  di pusat kota Baghdad untuk memprotes keberadaan kedutaan besar Saudi di ibukota negaranya tersebut dan menuntut pemerintah untuk melakukan boikot terhadap barang-barang Saudi sebagai tanggapan atas eksekusi yang telah dilakukan kerajaan terhadap Sheikh Nimr al-Nimr, pada hari Rabu (6/1).

Sebuah pernyataan yang diterima oleh IraqiNews.com pada hari Rabu lalu mengatakan, “Hari ini, ratusan orang telah berdemonstrasi di Lapangan Pembebasan di pusat kota Baghdad atas inisiatif dari para pemimpin al-Hashd al-Shaabi sebagai bentuk tanggapan atas eksekusi terhadap Sheikh Nimr al-Nimr.

Pernyataan itu mengatakan bahwa, “para pengunjuk rasa menyeru dihapuskannya keberadaan Kedutaan Besar Saudi di Baghdad, dan juga meminta diberlakukannya larangan impor barang-barang Saudi ke dalam Negeri Irak.

Pada hari Sabtu, Arab Saudi telah mengeksekusi 47 orang yang dihukum karena terorisme dan hasutan untuk melakukan kekerasan, termasuk seorang ulama  Nimr al-Nimr, seorang kritikus keluarga kerajaan Saudi. Langkah ini memicu protes kekerasan di Iran dan negara-negara yang  lainnya.

Arab Saudi telah membuka kembali kedutaan besarnya di kota Baghdad, Irak setelah ditutup selama 25 tahun. Arab Saudi menutup kedutaannya Baghdad pada 1990, setelah invasi Irak atas Kuwait. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Warga Jerman Gelar Unjuk Rasa Kutuk Eksekusi Sheikh Nimr | Arrahmah News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: