Eropa

Rekor Baru Erdogan! Tuntut 2000 Penghujatnya di Pengadilan

3 Maret 2016

ANKARA, SALAFYNEWS.COM – Ada sekitar 2000 kasus gugatan di pengadilan dengan tuduhan menghina atau menghujat Presiden Recep Tayyip Erdogan sejak ia terpilih sebagai presiden pada bulan Agustus 2014, menurut pernyataan yang dikeluarkan Menteri Kehakiman Turki.

Menteri Kehakiman Bakr Bozdak pada Rabu (02/03) mengatakan kepada anggota parlemen sesuai dengan pernyataan yang dilaporkan oleh media bahwa sejumlah file yang menyebabkan dimulainya proses pengadilan atas tuduhan menghina presiden mencapai 1845 file.

Ia juga menambahkan “Itu sangatlah memalukan. Saya bahkan tidak bisa membacakan rincian penghinaan tersebut… itu sungguh memalukan. Ini tidak ada hubungannya dengan kebebasan berekspresi”.

Dilaporkan bahwa sejak Erdogan terpilih sebagai presiden telah mengintensifkan penuntutan terhadap para lawan yang menuduh dirinya cenderung ke arah otoritarianisme, baik dari kalangan artis, wartawan, olaragawan maupun  rakyat biasa.

Persidangan akan dimulai terhadap mantan bintang sepak bola Hakan Sukur yang tadinya merupakan sekutu Erdogan dan kini pindah ke oposisi karena ia telah menghina presiden di Twitter.

Pengadilan mengeluarkan sejumlah keputusan terkait masalah ini dengan hukuman penjara yang pelaksananaannya ditangguhkan. Namun pada 20 Januari seorang wanita dihukum penjara selama 11 bulan karena melakukan sebuah gerakan yang dianggap menghina Erdogan selama demonstrasi Maret 2014. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: