Amerika

Rekor Penjualan Senjata AS ke Arab Saudi

Jum’at, 09 September 2016,

SALAFYNEWS.COM, WASHINGTON – Pemerintah Amerika Barack Obama menawarkan senjata ke Arab Saudi seharga lebih dari $115 milyar dolar amerika. Dan ini menjadi tawaran terbesar yang pernah diberikan Amerika sejak 71 tahun hubungan bilateral.

Sesuai ketetapan yang akan diterbitkan oleh pusat kebijakan internasional yang berbasis di AS, penawaran dibuat dalam 42 transaksi secara terpisah, dan sebagian besar peralatan perang yang belum pernah diterima sampai sekarang. (Baca: Perdagangan Senjata Antara Inggris dan Saudi Hanya Untuk Bunuhi Warga Yaman)

Penulis laporan ini, Wiliam Hartung berkata kepada Reuters bahwa laporan ini akan diterbitkan pada Kamis 8 September. Penjualan senjata ke Riyadh mendapat kritikan dari organisasi hak asasi manusia dan anggota kongres karena banyaknya warga sipil yang menjadi korban dalam perang yaman. (Baca: Terungkap Skandal Pasokan Senjata AS Kepada ISIS di Irak dan Suriah)

Menurut laporan, penawaran senjata Amerika ke Arab Saudi sejak Obama mulai menjabat yakni bulan Januari 2009, yang meliputi semua jenis senjata, dari senjata-senjata kecil, amunisi tank, helicopter serang, rudal udara ke permukaan, rudal pertahanan dan kapal serang  sampai pemeliharaan dan pelatihan pasukan Saudi.

Laporan itu juga menyebutkan angka-angka berdasarkan keterangan badan kerjasama keamanan dan pertahanan (Pentagon), yang memberikan angka penawaran penjualan senjata dan perjanjian penjualan militer kepada asing. (Baca: Gudang Senjata ISIS dan Jabhat Fatah Al-Sham Dipenuhi Senjata Buatan AS)

Perubahan sebagian besar penawaran yang telah dikonformasi oleh kongres untuk kesepakatan resmi, meskipun faktanya ada beberapa yang dicabut atau diubah, sebagai catatan bahwa laporan itu tidak mengungkap jumlah penawaran yang telah diberikan kepada Saudi yang telah disetujui. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: