Amerika

Resolusi PBB Putus Pendanaan ISIS

18 Desember 2015

NEW YORK, SALAFYNEWS.COM – Menteri Keuangan dari 15 negara di Dewan Keamanan PBB diperkirakan akan menerima sebuah resolusi yang diarahkan untuk memutus dana bagi kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS.

Rancangan resolusi itu didasarkan atas dokumen yang sudah disahkan pada tahun 1999 dengan sasaran kelompok jihadis al-Qaeda.

Lewat resolusi, negara-negara didesak agar “bergerak dengan penuh semangat dan meyakinkan untuk memutus aliran dana” ke ISIS, antara lain dengan mencegah penyelundupan minyak dan barang-barang antik.

Kelompok militan itu diperkirakan amat kaya dengan sebuah studi memperkirakan pemasukannya setiap bulan mencapai 80 juta dollar AS atau sekitar Rp 1,1 triliun.

Pertemuan puncak para menteri keuangan negara anggota Dewan Keamanan di New York, Kamis (17/12/2015) merupakan yang pertama kali berlangsung sepanjang sejarah 70 tahunnya.

Resolusi yang disusun Amerika Serikat dan Rusia ini diharapkan akan disetujui secara bulat. Resolusi ini akan memberi nama komite pengawas sebagai “Komite Saksi Isil (Daesh) dan al-Qaeda”.

Setiap individu atau kelompok, kesatuan, atau upaya yang mendukung kelompok ini atau cabang-cabangnya akan mendapat sanksi PBB, yang mencakup pembekuan aset, larangan melakukan perjalanan maupun embargo senjata, menurut resolusi ini. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: