Eropa

Ribuan Warga Inggris Demo Tuntut Pemerintah Agar Hentikan Jual Senjata kepada Saudi

21 Maret 2016,

SALAFYNEWS.COM, LONDON – Ribuan warga Inggris menuntut, Jumat (18/03), kepada pemerintah mereka untuk menghentikan penjualan senjata yang digunakan dalam perang di Yaman oleh koalisi Arab yang dipimpin oleh Saudi.

Organisasi Amnesty International membuat petisi yang telah ditandatangani oleh ribuan warga Inggris dan menyerahkannya kepada pemerintah Inggris, mereka menuntut untuk diakhirinya penjualan senjata Inggris yang digunakan dalam perang di Yaman oleh koalisi Arab yang dipimpin oleh Saudi selama hampir dua tahun berturut-turut. (Baca: Media Inggris Protes Pemerintah Jual Senjata Kepada Negara Arab yang Sering Langgar HAM)

Termuat dalam petisi yang telah ditandatangani itu, sejumlah foto rudal buatan Inggris yang dijual khusus kepada Arab Saudi dan digunakan dalam peperangan. Organisasi itu mengatakan bahwa rudal-rudal itu telah menewaskan sejumlah besar warga sipil tak berdosa dan tak bersenjata ketika mereka menargetkan sejumlah lingkungan padat penduduk dengan dalih bahwa tempat-tempat tersebut adalah sasaran militer, dikutip dari SyriaNow (20/03).

Organisasi tersebut juga meminta kepada sejumlah pihak internasional lainnya untuk memastikan bahwa kejahatan yang Saudi lakukan tersebut menggunakan senjata milik Inggris, Perancis dan Amerika dalam membantai warga sipil dengan dalih menargetkan pasukan pejuang pendukung setia Houthi dan mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh. (Baca: Inggris Tegaskan Persenjatai Arab Saudi Lawan Yaman)

Di sisi lain, parlemen Belanda menyetujui RUU yang menyeru pemerintah negara itu untuk menghentikan pasokan senjata ke Arab Saudi, mengacu pada kematian ribuan warga sipil di Yaman sejak setahun akibat dari operasi militer yang dipimpin oleh Riyadh. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: