Asia

Ribuan Warga Protes Kehadiran Pasukan AS di Okinawa

Senin, 20 Juni 2016,

SALAFYNEWS.COM, OKINAWA – Ribuan orang berkumpul di pulau Okinawa Jepang, Minggu (19/06), mereka memprotes pangkalan militer AS menyusul penangkapan seorang warga Amerika yang diduga membunuh salah seorang wanita dari penduduk setempat.

Masalah ini semakin memperkeruh hubungan Amerika Serikat dan Jepang terkait pulau tersebut dan rencana pemindahan pangkalan udara Futenma milik  Marinir AS ke daerah yang tidak padat penduduk di Okinawa semakin kencang.

Washington dan Tokyo pada tahun 1996 telah menyepakati penutupan pangkalan Futenma yang terletak di daerah perkotaan dan dihuni banyak penduduk setelah kasus pemerkosaan tiga personel militer AS terhadap gadis Jepang berusia 12 tahun yang mengakibatkan protes besar-besaran atas kehadiran militer AS.

Rencana pemindahan pangkalan tersebut ditangguhkan setelah muncul protes terhadap rencana tersebut oleh warga yang tinggal di sekitar lokasi relokasi yang diusulkan, mereka mengkhawatirkan tentang kebisingan dan polusi serta kejahatan yang akan terjadi.

Okinawa menjadi tuan rumah bagi 50 ribu orang AS, termasuk 30 ribu personil militer dan kontraktor sipil yang bekerja di pangkalan AS.

Okinawa adalah sebuah daerah yang menjadi tempat pertempuran berdarah antara pasukan AS dan Jepang dalam Perang Dunia II, dan masih tetap berada di bawah pendudukan AS sampai pada tahun 1972 dan sekitar seperlima wilayahnya masih berada di bawah kontrol Amerika. (SFA)

Sumber: Reuters

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: