Nasional

#RIPIrengMaulana, Selamat Jalan Tokoh Jazz Indonesia

06 Maret 2016,

SALAFYNEWS.COM, JAKARTA – Musisi senior Jazz, Ireng Maulana, tutup usia pada Ahad (6/3) dini hari WIB. Penggagas event Jazz, JakJazz, itu meninggal pada usia 72 tahun lantaran serangan jantung.

Menurut musisi country terkemuka, Tantowi Yahya, almarhum Ireng Maulana merupakan sosok yang menyenangkan. Tantowi pun mengaku sudah mengenal Ireng Maulana sejak 1988 silam.

Sepanjang perkenalannya dengan Ireng, Tantowi mengenang adik dari gitaris Jazz, Kiboud Maulana, sebagai orang yang humoris.

”Siapapun yang dekat beliau itu langsung tertawa, jokenya banyak, pintar meniru-nirukan seseorang. Almarhum adalah seseorang ‎yang sangat menyenangkan untuk teman bicara, traveling, dan diskusi,” ujar Tantowi kepada wartawan di Rumah Duka Heaven, RS Dharmais, Slipi, Jakarta Barat, Ahad (6/3).

Bahkan, Tantowi menyebut, selama orang hanya mengenal Ireng Maulana sebagai musisi Jazz. Namun, sebenarnya, Ireng juga seorang gitaris musik pop yang handal, terutama sejak sera Sapta pada tahun 1960-an, hingga era rekaman pada 1990-an.

”Be‎liau sangat mewarnai industri musik pop Indonesia. Khususnya ketika beliau mengawal Dewi Yull, Ermy Kulit, Iga Mawarni, dan Harvey Malaiholo. Itu beberapa dari banyak penyanyi Indonesia, yang musiknya dipoles mas Ireng,” ujar Anggota Komisi I DPR RI itu.

Tantowi mengaku, terakhir kali bertemu di Ireng Maulana sekitar bulan lalu di sebuah mall ternama di kawasan Senayan. Namun, Tantowi mengaku, tidak pernah menyangka jika itu ada pertemuan terakhir dirinya dengan salah satu musisi senior di musik Jazz Indonesia tersebut.

Terkait riwayat penyakit yang diderita Ireng, Tantowi mengungkapkan, sebenarnya pada 2013 silam, Ireng sempat dirawat di Rumah Sakit selama beberapa hari.

”Jadi beliau memang punya penyakit, tapi karena sifatnya yang gembira dan tanggung jawabnya terhadap rekan-rekan musisi, khususnya musisi Jazz, dia itu tidak menunjukkan rasa sakitnya, karena dia adalah motivator, penyemangat dari rekan-rekan musisi, khususnya Jazz,” tuturnya.

Saat ini, jenazah Ireng Maulana masih disemayamkan di Rumah Duka Heaven, RS Dharmais, Slipi, Jakarta Barat. Rencananya, Ireng Maulana dimakamkan di TPU Kampung Kandang, Ciganjur, Jakarta Selatan, Senin (7/3) besok. (SFA)

Sumber: Republika

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: