Internasional

Rouhani: Umat Islam Harus Kompak Melawan Ekstrimisme

Salafynews.com – Presiden Republik Islam Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa melindungi kehidupan dan keselamatan manusia, membela kemuliaan dunia Islam serta umatnya dan melakukan pembangunan adalah tiga tugas penting bagi semua umat Islam di dunia.

Hassan Rouhani mengemukakan hal itu dalam pertemuannya dengan para ulama, cendekiawan, intelektual dan akademisi Indonesia di Jakarta, Kamis (23/4) sore.

Ia menambahkan, semua umat Islam harus mengakhiri kebungkamannya terhadap kelompok-kelompok teroris yang merupakan pukulan terbesar bagi Islam, dan menyuarakan serentak umat Islam untuk melawan kekerasan, ekstremisme dan teror.

Seperti dilansir situs informasi kepresidenan Iran, Rouhani menekankan pentingnya persatuan dunia Islam sebagai misi terpenting umat Islam.

Ia menuturkan, “Islam adalah agama moderat, logika dan rasionalitas, dan kewajiban semua umat Islam adalah menjelaskan Islam yang sesungguhnya (murni) kepada masyarakat dunia.”

Menurutnya, hal terpenting hari ini adalah menjaga dan melestarikan Islam. “Hari ini di dunia Islam, musuh-musuh dan orang-orang jahil, dan mereka yang berada dalam kelalaian,  telah melupakan asas dan  prinsip-prinsip dasar, sehingga dunia Islam terbecah belah.” kata Rouhani.

Presiden Iran lebih lanjut menjelaskan tentang misi terpenting dan tugas umat Islam sekarang ini, dan menegaskan pentingnya untuk melindungi nyawa dan kehidupan manusia. Ia mengatakan, tidak seharusnya membiarkan orang-orang tak berdosa terbunuh.

Rouhani menilai kemuliaan dan martabat dunia Islam dan umat agama ini sebagai prioritas lainnya bagi umat Islam sekarang ini.

Hari ini, kata Rouhani, segelintir orang di dunia Islam telah menginjak-injak martabat umat Islam, dan atas nama jihad dan agama, mereka menghunus pedang dan mencoreng martabat umat Islam, oleh karena itu semua umat Islam harus merasa memiliki tanggung jawab atas hal ini.

Di bagian lain pidatonya, presiden Iran menjelaskan bahwa Islam tersebar di dunia melalui ajakan logika dan rahmat. Islam, lanjutnya, bukan agama pedang (kekerasan), namun agama logika, rahmat,  kasih sayang dan hidup berdampingan satu dengan yang lainnya, dan tidak pernah memaksakan dirinya kepada orang lain. (ms)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: