Eropa

Rusia Blacklist 5 pejabat AS atas Pelanggaran HAM

3 Februari 2016

MOSKOW, SALAFYNEWS.COM – Rusia telah memberlakukan larangan perjalanan pada lima mantan pejabat penegak hukum dari Amerika Serikat sebagai tindakan balasan terhadap Washington atas aksi serupa.

Amerika Serikat pada Senin (1/02) menuduh  empat pejabat Rusia melakukan pelanggaran hak asasi manusia, yang melibatkan kematian seorang pengacara Rusia pada tahun 2009.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan pada hari Selasa (2/02) bahwa lima mantan pejabat AS, termasuk mantan Jaksa Agung Alberto Gonzales, mengutip peran mereka dalam “legalisasi dan penggunaan penyiksaan dan penahanan tanpa batas waktu.”

“Kita harus mengingatkan bahwa Amerika Serikat memberlakukan itu secara resmi dan telah disahkan dan secara aktif menggunakan penyiksaan abad pertengahan di awal abad ke-21,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

“Kita berbicara tentang kebijakan yang dapat memungkinkan menjaga warga negara Rusia [Ravil] Mingazov di penjara Guantanamo tanpa pengadilan selama lebih dari 13 tahun,” tambah pernyataan itu.

Ia juga mengatakan bahwa Washington harus mengkaji ulang “kekerasan polisi dengan nada rasial dan sistem pemasyarakatan yang jauh dari sempurna.”

Selain Gonzales, Moskow juga memberlakukan larangan perjalanan pada mantan wakil Pertahanan AS, Douglas Feith, pengacara CIA John Rizzo, mantan asisten Jaksa Agung, Jay Scott Bybee, dan mantan penasihat umum dari departemen pertahanan, William James Haynes II .

Kementerian itu mengatakan kelima orang Amerika itu telah masuk dalam daftar hitam dan dilarang memasuki Rusia “sebagai respon terhadap kebijakan anti-Rusia Washington”.

Hubungan antara AS dan Rusia telah tergelincir ke level terendah sejak Perang Dingin selama konflik di Ukraina dan Suriah.

AS dan Uni Eropa telah memberlakukan beberapa putaran sanksi ekonomi terhadap Rusia atas konflik di Ukraina sejak awal 2014. [Sfa/AB/Sott]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: