Eropa

Rusia Blokir Halaman Wikipedia Yang Memuat Resep Pembuatan Narkotika

Salafynews.com. MOSKOW – Roskomandzor, Pengawas media Rusia mengumumkan bahwa pihaknya telah mengedit dan memblokir sebuah artikel di halaman Wikipedia berbahasa Rusia yang memuat resep pembuatan narkotika karena hal itu dianggap melanggar hukum. Hal ini dilansir surat kabar Ukraina, Kyiv Post pada hari Selasa (25/8) kemarin.

Rusia blokir Wikipedia Tentang cara pembuatan Narkotika

“Para pakar dan pihak berwenang dari Badan Pengawas Obat-obatan Rusia telah mengkonfirmasi bahwa informasi tersebut ilegal,” kata Roskomnadzor, menambahkan bahwa layanan penyedia internet Rusia telah diminta untuk memblokir akses ke halaman tersebut.

Minggu lalu, Rozkomnadzor telah memberi peringatan pada Wikipedia bahwa enskilopedia online itu bisa diblokir jika artikel kontroversial tersebut tak dihapus.

Wikipedia kemudian mengubah URL artikel tersebut, demikian dilaporkan situs berita journal pada hari Sabtu (22/8).

Vladimir Medeiko, Kepala Organisasi Non-profit Wikipedia Rusia menyatakan kebijakan Roskomnadzor dapat memengaruhi situs tersebut secara keseluruhan dan mereka dapat mengajukan banding.

“Wikipedia menggunakan protokol yang diproteksi, yang tak mengizinkan penyedia layanan menentukan halaman apa yang dibaca pengguna,” kata Medeiko pada radio Govorit Moskva. “Sehingga, pengguna nantinya justru tak bisa mengakses semua halaman WIkipedia”. (SFA/LM/KyivPost/Rbth)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: