Eropa

Rusia Janji Bantu Negara-Negara Islam Atasi Krisis

Salafynews.com, MOSKOW – Menteri luar negeri Russia, Sergei Lavrov menyatakan bahwa negaranya telah berkomitmen untuk membantu negara-negara Islam mengatasi krisis yang mereka hadapi.

“Rusia dan negara-negara di dunia Islam dipersatukan dalam kerjasama di berbagai bidang berdasarkan hukum internasional serta komitmen yang sama dalam hal kebijakan politik untuk menyelesaikan siuasi-situasi krisis,” ungkap Sergei Lavrov dalam pertemuan Kelompok Visi Strategis Rusia-Dunia Islam, di Moskow pada Kamis,(11/6)

Sergei Lavrov menyatakan bahwa negara-negara Islam kini tengah menghadapi kesulitan akibat adanya operasi kelompok teror di Timur Tengah.

“Dunia Islam saat ini tengah melewati masa yang sangat sulit. Konflik di Suriah, Libya, Irak dan Yaman menyuguhkan tantangan serius bagi keamanan dan keselamatan” tambahnya.

Lavrov menggaris-bawahi bahwa lonjakan aktifitas terroris di wilayah Timur-Tengah adalah latar belakang konflik tersebut. Ia juga menambahkan bahwa negara-negara di wilayah regional harus tetap fokus” mengenai apa yang terjadi di permukaan,”

Lavrov juga menyeru negara-negara Islam untuk mendukung inisiatif Moskow meminta  pengawasan PBB atas ancaman yang melanda wilayah Timur Tengah.

“Kami berharap kalian mau mendiskusikan inisiatif Rusia dan kami juga berharap hal itu akan mendapat dukungan,” ungkap Lavrov sambil menambahkan bahwa negara-negara Islam harus berusaha untuk menemukan unsur-unsur dibalik layar munculnya ekstrimisme dan terorisme.

Ia mengatakan bahwa Rusia telah berusaha untuk melaksanakan usaha tersebut  dengan memanfaatkan potensi hubungan Kelompok Visi Strategis  Rusia-Dunia Islam.ia juga menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan penting telah dilakukan dalam kelompok tersebut, termasuk “mobilisasi kemampuan berpikir dan inisiatif masyarakat dalam upaya untuk mempromosikan dan memperkaya hubungan persahabatan  antara Rusia dan negara-negara Islam.”

Kelompok ISIS, dengan sejumlah negara-negara Barat, mengambil kendali atas beberapa wilayah Suriah dan Irak, melakukan kekejaman yang sadis dan menakutkan termasuk penyembelihan dan penyaliban terhadap semua komunitas, baik Syiah, Sunni, Kurdi dan Kristen. [SFA]

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Don DeBar; Amerika Bukan Lagi “Polisi Dunia” | Arrahmah News

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: