Internasional

Rusia Pasok Senjata Untuk Mendukung Militer Irak Memerangi ISIS

16 Desember 2015

BAGHDAD, SALAFYNEWS.COM – Iskandar Watut, salah satu anggota Komite Keamanan dan Pertahanan di parlemen Irak, Selasa (15/12), menyatakan bahwa Rusia telah memasok beberapa jenis senjata ke Irak, guna mendukung militer Irak dalam operasi pembasmian ISIS.

Watut mengatakan bahwa “sikap Rusia dalam memberikan dukungan untuk Irak dengan beberapa jenis senjata menengah dan ringan merupakan hal yang sangat baik. Namun sejauh ini pemerintah belum sampai pada kesepakatan penting dengan pihak Rusia, terkait dengan pemberian dukungan bagi angkatan udara Irak dengan mengirim beberapa jet tempur.”

Tidak disebutkan waktu pengiriman bantuan senjata, namun ia menjelaskan bahwa :”Senjata-senjata yang dipasok Rusia bagi militer Irak merupakan operasi yang bersifat kontinu yang akan digunakan untuk perang melawan ISIS”.

Seorang pejabat Irak mengatakan bahwa “saat ini masalah yang dihadapi adalah terjadinya penundaan dalam penyelesaian pertempuran melawan ISIS, disebabkan kurangnya jet tempur yang memadai, dan angkatan udara yang hanya memilik beberapa helikopter tempur, hingga dukungan udara bagi pasukan keamanan belum maksimal.”

Naseer Nouri, seorang juru bicara Departemen Pertahanan Irak, Kamis lalu, mengumumkan penerimaan dua helikopter tempur “Mil Mi-28″ yang dikenal dengan sebutan pemburu malam. Pengiriman itu setelah ada perjanjian kesepakatan dengan pemerintah Rusia guna memberikan dukungan pada pasukan udara Irak. Ia juga menegaskan bahwa Rusia adalah sekutu strategis Irak, di bidang militer dan ekonomi”. [Sfa]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: