Amerika

Rusia Serukan Kasus Bom Atom 1945 AS Dibawa Ke Pengadilan Internasional

Salafynews.com, MOSKOW – Rusia telah menyerukan pembentukan sebuah pengadilan internasional untuk mengadili mereka yang bertanggung jawab atas  bom atom 1.945 yang terjadi di kota-kota di Jepang, yaitu Hiroshima dan Nagasaki.

Bom Atom Hiroshima-Nagasaki 1945

“Pemboman kota-kota di Jepang ini, yang adalah satu-satunya contoh dalam sejarah manusia dimana bom atom digunakan, tidak pernah tunduk kepada pengadilan Internasional. Tapi kita semua tahu, kejahatan terhadap kemanusiaan itu sangat luar biasa,” ungkap juru bicara Duma Rusia,  Sergey Naryshkin.

Ia juga meminta pertanggung-jawaban pemerintah AS karena telah melancarkan serangan terhadap kota-kota Jepang dimana hal itu merupakan pelanggaran berat  konvensi internasional yang melarang penggunaan senjata pemusnah massal terhadap penduduk sipil.

“Otoritas AS saat ini menginginkan untuk menyembunyikan tragedi Hiroshima dan Nagasaki dan tentu saja itu tidak mungkin jika bukan karena kemunafikan dan sinisme dari para pemimpin mereka saat ini,” tambah Naryshkin. Ia menambahkan,”Sikap seperti itu membuka tabir kebijakan politik Amerika yang sesungguhnya yang tentu saja, berusaha mempertahankan warisan ideologi eksepsionalis dan posisi infalibilitas diri sendiri serta kekuatan yang sombong.”

Naryshkin mengatakan pemboman Hiroshima dan Nagasaki menyebabkan kematian sejumlah besar warga sipil yang sama sekali tidak terlibat dalam kejahatan yang dilakukan pada saat itu oleh tentara Jepang.

Dia mempertanyakan pembenaran militer atas serangan tersebut, ia mengatakan bahwa Jepang sudah praktis dikalahkan setelah kemenangan Tentara Soviet di Manchuria.

Pada tanggal 6 Agustus 1945, seorang bomber Amerika B-29, bernama Enola Gay menjatuhkan bom uranium seberat empat ribu kilogram di Hiroshima, menewaskan 140.000 orang. Tiga hari kemudian, kota pelabuhan Jepang Nagasaki juga diserang oleh bom atom, yang menewaskan lagi sekitar  70.000 orang. (SFA/LM/PTV)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: