Eropa

Rusia Siap-siap Hadapi Pasukan NATO

Kamis, 28 juli 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Rusia Siap-siap hadapi Pasukan NATO. Saat ini Moskow juga telah memperkuat sayap militer di barat daya negeri itu dalam menanggapi penumpukan dan peningkatan militer NATO dan situasi keamanan yang memburuk di Ukraina.

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan pada hari Rabu bahwa Moskow telah menempatkan sistem pertahanan udara di barat daya Rusia. (Baca: Gorbachev: NATO Bicara Pertahanan, Tapi Persiapkan Serang dan Hancurkan Rusia)

“Sejak 2013 … kami telah membentuk empat divisi, sembilan brigade dan 22 resimen,” kata Shoigu selama pertemuan di siaran Kementerian Pertahanan Rusia di televisi milik negara.

Pejabat senior militer mengatakan kontingen pasukan “mandiri” juga telah dikerahkan di Crimea, mantan wilayah Ukraina yang bergabung dengan Federasi Rusia setelah referendum pada bulan Maret tahun 2014.

Rusia telah menghadapi berbagai sanksi ekonomi dan militer yang diberlakukan oleh Uni Eropa dan Amerika Serikat pasca referendum Crimea. Moskow dan Barat juga telah berselisih soal konflik di timur Ukraina, di mana Barat menuduh Moskow memberikan dukungan bagi pasukan anti-Kiev. Sementara, Moskow telah membantah tuduhan tersebut. (Baca: Kolumnis AS Sebut NATO Tak Mampu Kalahkan Rusia)

Konflik telah menyebabkan perlombaan militer meningkat baik NATO maupun Rusia saling menuduh menciptakan ketidakstabilan. NATO telah mengumumkan rencana untuk kehadiran lebih aktif dekat dengan perbatasan Rusia. Aliansi ini juga berencana untuk memperluas keanggotaannya dalam memasukkan negara-negara tetangga di timur Rusia.

Shoigu mengatakan, peningkatan kegiatan militer di barat daya tidak hanya dimaksudkan untuk menanggapi penumpukan pasukan NATO di dekat perbatasan dan situasi di Ukraina, bahkan juga untuk mencounter “teroris” yang aktif di Kaukasus Utara.

Menteri Pertahanan Rusia mengatakan penyebaran pasukan baru di barat daya akan “mencakup dua brigade rudal dengan kompleks rudal Iskander, yang telah memungkinkan (Rusia) untuk meningkatkan daya tembak untuk menghancurkan potensi musuh”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: