Eropa

Rusia-Turki Bahas Kerjasama Energi dan Krisis Suriah

Salafynews.com, BAKU – Presiden Rusia Vladimir Putin telah bertemu presiden Turki Recep Tayyib Erdogan di ibukota Azerbaijan, Baku, guna membicarakan perundingan tingkat tinggi mengenai isu-isu energi dan juga krisis Suriah, Sabtu (13/6).

Juru bicara Kremlin, Dimitry Pskov, menjelang perundingan Sabtu kemarin menyatakan bahwa ia berharap perundingan bisa membuahkan hasil yang sangat substantif. Ia juga menambahkan bahwa para pemimpin itu membicarakan pipa gas Turki yang akan mengalirkan gas dari Rusia ke Turki yang konstruksinya sedang dirancang akhir bulan ini, demikian dilansir media Rusia.

Ia juga mengatakan bahwa Putin dan Erdogan juga  membahas krisis yang tengah berlangsung di Suriah, negara tetangga Turki.

“Mereka perlu membandingkan catatan-catatan dan bertukar opini mengenai situasi kompleks dalam urusan-urusan regional, yaitu situasi di Suriah tentunya,” ucap Pskov.

Erdogan - PutinBersama Putin dalam perundingan itu hadir pula ajudan Presiden, Yuri Ushakov, Menlu Sergei Lavrov, Menteri Energi, Alexander Novak, kepala perusahaan nuklir milik negara, Rosatom, Sergei Kirienko dan CEO energi raksasa Rusia, Gazprom Alexei Miller. Belum ada rincian mengenai isi pembicaraan yang bisa dipublikasikan ke media.

Perundingan tertutup itu dilaksanakan sehari setelah menghadiri upacara pembukaan Olimpiade Eropa yang diselenggarakan oleh republik Azerbaijan. Menanggapi ketidak hadiran satupun pemimpin negara-negara Eropa dalam pembukaan Olimpiade itu, Putin berkata,

“Turki, adalah kandidat yang akan masuk Uni Eropa, jadi Turki sudah mewakili Uni Eropa,” ungkap Putin bercanda didepan awak media.

Kedua pemimpin itu terakhir bertemu pada bulan Desember lalu saat presiden Rusia melakukan perjalanan panjang ke Turki.

Selama ini Turki selalu mendukung milisi asing dalam perang melawan pemerintah Suriah Bashar Assad. Erdogan tak pernah menyembunyikan kenyataan bahwa ia ingin melihat Presiden Bashar Assad lengser dari kursinya.

Sedangkan Russia adalah pendukung pemerintah Suriah dan Hizbullah dalam melawan teroris takfiri yang datang dari berbagai belahan dunia dan di danai serta didukung penuh oleh Turki dan negara-negara arab teluk. (LM/SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: