Internasional

Russia Tegaskan, Venezuela Sebagai Mitra Utama

Salafynews.com, MOSKOW – Menteri Luar Negeri Rusia, Serguei Lavrov menegaskan bahwa Venezuela adalah salah satu mitra utama Rusia di Amerika Latin, serta memuji inisiatif negara sahabat itu dalam mempromosikan proses penguatan integrasi regional. Pernyataan ini diungkap Lavrov  dalam konferensi press bersama dengan rekan Venezuelanya, Delcy Rodriguez pada Rabu (28/5).

Rusia Venezuela BermitraLavrov menyatakan bahwa kunjungan kali ini adalah yang keempat dalam setahun, yang berarti sebuah dorongan signifikan guna meningkatkan hubungan bilateral di segala lini kerjasama.

Hubungan Moskow dan Caraccas yang pada tahun 2015 ini telah mencapai 70 tahun, adalah didasarkan pada simpati yang sama dan persahabatan erat yang dibangun sahabat sejati Rusia, Presiden terdahulu,  Hugo Chavez yang  sebelumnya telah menyerukan hal ini kepada Kementerian Urusan Luar Negeri Rusia.

Lavroz menyatakan bahwa selama pertemuan berlangsung, mereka meninjau kembali persetujuan-persetujuan yang dianjurkan presiden kedua negara dan  “dengan puas” ia menyatakan bahwa banyak kemajuan yang telah dicapai atas beberapa permasalahan prioritas dan kepentingan bersama.

“Kami juga menyatakan solidaritas kami kepada Venezuela untuk terus berlangsungnya pemerintahan Presiden Nicholas Maduro dan tidak akan membiarkan skenario  apapun yang bisa merugikan negara saudara kami terkait solusi permasalahan internal dalam Konstitusi,” ungkap Lavrov.

Ia juga menyatakan peningkatan signifikan hubungan bilateral dengan Venezuela dalam kancah Internasional, terutama dalam Dewan Keamanan dan Dewan HAM PBB, serta menegaskan apresiasi Moskow terhadap inisiatif Caraccas atas dukungannya terhadap resolusi terhadap glorifikasi fasisme dan penggunaan nuklir untuk tujuan damai.(lm/prensalatina)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: