Internasional

Samir Quntar Simbol Perjuangan dan Ketabahan

21 Desember 2015

LEBANON, SALAFYNEWS.COM – Pemimpin Partai Sosialis Progresif Walid Jumblatt mengecam keras pembunuhan tokoh Hizbullah Samir al-Quntar, yang digambarkan sebagai simbol perjuangan dan ketabahan.

“Terlepas dari perbedaan politik kita yang berkaitan dengan krisis Suriah, kami mengecam pembunuhan Samir al-Quntar dengan serangan udara Israel di Jermana yang menyebabkan kematiannya. Dia akan terus menjadi simbol perjuangan dan ketabahan, “kata Jumblatt dalam sebuah pernyataan hari Ahad, 20/12/15.

“Martir Quntar telah mengabdikan hidupnya untuk menghadapi pendudukan Israel, dan menghabiskan puluhan tahun dalam tahanan soliter tanpa mundur dari posisi dan prinsip-prinsipnya,” tambahnya.

Sementara itu, Marwan Hamadeh juga mengecam tindakan itu, “tindak pidana Israel di Jarmana hanyalah kelanjutan dari pendekatan Israel berdasarkan pembunuhan, pengkhianatan, penghancuran.”

Gerakan AMAL mengeluarkan pernyataan yang serupa dan menuntut reaksi masyarakat internasional dengan cepat; “Kami mendesak masyarakat internasional mengambil tindakan langsung untuk mengakhiri kejahatan ini.”

Hizbullah dalam sebuah pernyataan Samir al-Quntar syahid pada Sabtu malam dalam serangan udara Israel di dekat ibukota Suriah, Damaskus.

Samir al-Quntar adalah seorang pejuang perlawanan yang terkenal dengan Angkatan Pembebasan Palestina (PLF) yang dipenjara Israel karena dituduh membunuh seorang polisi Israel, seorang ayah dan dua anaknya pada tahun 1979.

Lahir dari keluarga kelas menengah Druze di pinggiran Beirut, Aley, Samir muda kemudian tergerak hatinya dan bergabung dalam perjuangan dan berpartisipasi untuk pembebasan Palestina.

Samir al-Quntar ditahan oleh Angkatan Pertahanan Israel (IDF) pada usia 16 tahun pada tahun 1979 atas keterlibatan dalam operasi militer Palestina.

Ia dibebaskan bersama dengan empat tahanan Libanon lainnya pada tahun 2008 atas pertukaran tawanan Israel dengan Hizbullah yang ditukarkan dengan dua mayat serdadu Israel yang tewas dalam perang 2006, dan sejak itu Qintar menjadi tokoh profil tinggi di Hizbullah.

Pada bulan September Amerika Serikat menempatkan Qintar dalam blacklist teroris, yang dianggap memainkan peran operasional, dengan bantuan dari Iran dan Suriah, dalam membangun kekuatan dan infrastruktur Hizbullah di Dataran Tinggi Golan. [Sfa]

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Israel Akui Sebagai Dalang Pembunuhan Samir Quntar di Suriah | ArrahmahNews

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: