Internasional

Saudi Arabia dan Teroris Al- Qaeda Berkolaborasi Hancurkan Monumen Bersejarah di Yaman

Salafynews.com, SANA’A – Serangan udara Saudi di satu sisi, dan serangan kelompok al-Qaeda disisi lain telah menghancurkan monument-monumen bersejarah yang sangat berharga di Yaman, satu persatu.

Teroris al-Qaeda telah meledakkan kubah makam Habib Hamd bin Saleh, tokoh yang sangat dihormati rakyat Yaman di al-Shahar, provinsi Hadramaut pada Minggu malam Senin (28/6). Para teroris itu sebelumnya juga telah menghancurkan beberapa makam di kota tua ala-Mokala.

13940326000556_PhotoI

Sementara itu, serangan udara jet tempur Saudi juga telah menyerang monumen-monumen bersejarah di beberapa tempat berbeda di Yaman. Diantara tempat-tempat berharga yang sangat bersejarah itu antara lain adalah masjid dan makam orator Imam Abd al-Razzaq bin Humam al-San’aani, Syekh Ahmad bin Hambal, dan Sufyan bin A’ayena yang meninggal di tahun 211H di wilayah al-Hamraa di desa Dar al-Hadeed yang terletak di distrik Sanahan, provini Sana’a, benteng tua, pasar dan bangunan di Saada dan juga benteng al-Qishleh yang dibangun di abad ke-3 Hijriah.

Mereka juga menghancurkan kuil Ogaal di distrik Sarwah provinsi Ma’rib yang sebelum Islam  dikenal sebagai negeri Saba, kota bersejarah Zbeid di provinsi al-Hadida yang dianggap sebagai mercusuar pendidikan modern yang sinarnya terpancar ke seluruh dunia. Kota itu dibangun pada abad ke 13 H, kemudian juga menghancurkan Dar al-Hasan yang monumental di distrik Damat di provinsi Dalaei. Pemerintahan Damat sangat berpengaruh di masa pra Islam, kemudian benteng Fajj Attan di gunung Attan di Sanaa, yang dianggap sebagai benteng paling penting di wilayah itu, serta monumen-monumen bersejarah lainnya.

Hingga kini, Saudi Arabia telah menginvasi Yaman selama 96 hari demi mengembalikan mantan presiden yang buron, Mansour Hadi, sekutu dekat Riyadh memegang tampuk kekuasaan. Saudi bahkan masih terus menyerang Yaman walaupun memasuki bulan suci Ramadhan.

Walaupun Riyadh mengklaim pihaknya membombardir posisi pejuang Ansharullah di Yaman, pada kenyataannya jet tempur Saudi justru menyasar area perumahan dan bangunan infrastruktur penduduk sipil. Serangan kerajaan itu hingga kini telah menewaskan 4.739 penduduk sipil yang sebagian besarnya adalah wanita dan anak-anak. (lm/fna)

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Hentikan Menganggap Teroris Wahabi Sebagai Ahlussunnah Wal Jamaah! – VOA ISLAM NEWS

  2. Pingback: Kejar Teroris Al-Qaeda Gubernur Hadramout Larang Kendarai Motor | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: