Timur Tengah

Saudi Brutal Gunakan Bom Cluster Lagi Bunuh Warga Muslim Yaman

Salafynews.com, SA’ADA – Sekali lagi Arab Saudi melakukan pelanggaran terhadap hukum perang dalam serangan udaranya di Provinsi Sa’ada Yaman pada hari Jum’at malam (18/9) kemarin. (Baca Saudi Terus Gunakan Bom Kimia Serang Rakyat Yaman)

Pelanggaran itu adalah berupa penggunaan bom cluster dalam serangan udara yang dilancarkan ke pemukiman penduduk di distrik Baqim, provinsi  Sa’ada, sebagaimana dilaporkan oleh stasiun televisi Yaman, al-Masirah.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan resmi mengenai jumlah kerugian maupun banyaknya kerusakan properti dari distrik yang diserang tersebut. (Baca Semakin Brutal Saudi Gunakan Senjata Terlarang Untuk Serang Yaman)

Sementara itu, serangan udara Saudi telah menewaskan 34 warga sipil, korban banyak dari kaum perempuan dan anak-anak, serta melukai banyak warga sipil lainnya di provinsi tersebut.

Jet tempur Saudi juga telah melancarkan 20 serangan udara di ibukota Sana’a, dimana 19 orang tewas dan setidaknya 100 orang mengalami luka-luka. Saudi juga melancarkan delapan serangan udara ke sebuah penjara di provinsi Bayda.

Sebelumnya pada hari Jumat yang sama, serangan udara juga menargetkan pangkalan militer di Timur dan sebuah gedung penyiaran di utara ibukota. (Baca Agresi Saudi Hari Ke-178 Tewaskan 18 Warga Sipil Yaman)

Serangan udara Saudi juga kemudian melanda  provinsi Yaman, Ibb, membunuh dan melukai beberapa warga sipil.

Serangan udara Saudi juga menewaskan satu orang dan melukai tiga lainnya di pulau Kamaran yang terletak di wilayah Selatan Laut Merah.

Arab Saudi telah melakukan penyerangan selama 179 hari terhitung Minggu (20/9), demi mengembalikan kekuasaan kepada mantan presiden buronan rakyat dan negara Yaman Abdu Robbu Mansour Hadi, sekutu dekat Riyadh.

Sejauh ini, serangan udara Saudi telah menewaskan 6.012 warga Yaman, termasuk wanita dan anak-anak. Meskipun Riyadh mengklaim bahwa serangannya menargetkan para pejuang Ansharullah, pada kenyataannya, jet-jet tempur Saudi terus menerus melancarkan serangannya ke arah pemukiman penduduk dan infrastruktur sipil di Yaman. (SFA/LM/FNA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: