Internasional

Saudi dan Koalisinya Terjerumus dalam Konflik Yaman

Salafynews.com – Koran Jomhuri  Islami menulis, para penguasa Arab Saudi kini terjebak dalam ruang sempit  yang mencekik lantaran agresi ke Yaman.

Koran tersebut  dalam edisi Sabtu (25/4) menulis, Abdel Bari Atwan, pemred koran Rai el-Youm, koran trans-regional ternama berbahasa Arab menyebutkan, para penguasa Arab Saudi dan para sekutunya dalam perang Yaman, telah menjerumuskan diri mereka dalam sebuah masalah nyata yang sulit untuk keluar dari dalamnya dan tampaknya bentrokan ini akan lebih buruk dan berkepanjangan.

Atwan menambahkan, terdengar berbagai analisa saling kontrakdiktif tentang keberhasilan serangan Arab Saudi ke Yaman dan keputusan rezim al-Saud untuk mengakhiri serangan itu, di mana perbedaan analisa itu menciptakan kebingungan dan kebimbangan mendalam di antara para sekutu Arab Saudi.

Menyinggung berlanjutnya serangan Arab Saudi meski telah diumumkan akhir dari serangan militer, serta pergerakan maju gerakan rakyat Ansarullah, Atwan mengatakan, “Para pengucap selamat atas kemenangan Arab Saudi dalam agresi ke Yaman, terlalu cepat mengambil kesimpulan tentang keberhasilan serangan tersebut.”

Terkait kegagalan Arab Saudi mengembalikan sekutunya, mantan presiden buron, Abd Rabbuh Mansur al-Hadi ke kekuasaannya dan berlanjutnya perlawanan gerakan Ansarullah, Atwan juga menegaskan bahwa operasi “Badai Mematikan” gagal mencapai tujuannya untuk memperlemah kelompok Houthi, karena Raja Arab Saudi di hari-hari akhir perang menginstruksikan siaga penuh militer di perbatasan dengan Yaman, dan kondisi medan di Yaman masih tetap sama, tidak ada perubahan. (ss)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: