Internasional

Saudi Diguncang Rangkaian Demonstrasi Pasca Pemboman Masjid Syiah

Salafynews.com, QATIF – Long March besar-besaran, Sabtu (23/5),  berlangsung di Qudaih wilayah Qatif bagian timur Arab Saudi, memprotes serangan bom teroris yang menargetkan jamaah shalat Jumat di masjid Imam Ali dan menewaskan serta melukai 120 orang.

Para demonstran mengutuk kejahatan ini dan menyebutnya sebagai tragedi mengerikan. Sementara mereka mengulang kembali seruan pembentukan komite rakyat dalam rangka menjamin keamanan dari kelompok-kelompok ekstremis takfiri. Seperti dilansir Al Alam.

Demonstrasi kemarahan yang dilakukan oleh penduduk Qatif ini adalah yang ketiga kalinya setelah aksi bom bunuh diri tersebut.  Pada hari Jumat berlangsung  dua demonstrasi serupa, salah satunya setelah kejadian pemboman dan lainnya pada sore harinya.

demo qatif petang, protes pemboman Masji Imam Ali di Qatif

Di sini para demonstran mengutuk kejahatan ini dan menekankan bahwa praktek-praktek kriminal tidak akan menggentarkan mereka, bahkan sebaliknya akan menambah tekad mereka untuk berdiri  kokoh di hadapan segala arus ekstrimisme takfiri yang didukung oleh tokoh-tokoh penebar fitnah. Peserta demonstrasi menuntut pihak berwenang menyelidiki kejadian itu dan menahan mereka yang bertanggung jawab serta terlibat dalam kejahatan ini.

Peserta demonstrasi juga menyerukan pembentukan komite rakyat untuk memberikan perlindungan, mengingat pengabaian keamanan oleh pihak yang berwenang.  Seruan ini didahului oleh penyerahan sejumlah orang yang mencurigakan kepada otoritas setempat oleh warga Qatif dan Awamiya yang mencoba memasuki masjid kota itu setelah pengeboman. (hm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: