Internasional

Saudi Tolak Pembentukan Komisi Penyelidikan Internasional Atas Agresinya di Yaman

Rabu, 05 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Arab Saudi, pada hari Senin, menolak permintaan Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Pangeran Zeid Ra’ad Bin Husein untuk pembentukan Komisi Penyelidikan Internasional di Yaman. (Baca: The Guardian; Inggris Jegal Penyelidikan Kejahatan Saudi di Yaman)

Menteri Kebudayaan dan Informasi Saudi, Adil Tharifi dalam keterangannya setelah pertemuan mingguan dengan kabinet Saudi, pada hari Senin, mengatakan “Dewan majelis menyambut baik pembentukan Komisi Penyelidikan Yaman yang kompatibel sesuai standar Internasional, penetapannya akan dimulai tanggal 15 Agustus, namun sayangnya kerajaan Saudi tidak memenuhi undangan Komisaris Tinggi untuk pembentukan Komite Penyelidikan Internasional, ia hanya menyetujui pembentukan Komisi Penyelidikan Nasional Yaman.

Adapun dewan HAM PBB, Kamis lalu, menolak membuka penyelidikan independen atas pelanggaran agresi di Yaman, dan sebagai gantinya menuntut pembentukan Komisi Nasional untuk menyelidiki pelanggaran yang menewaskan warga sipil dan serangan terhadap rumah sakit. (Baca: Pesawat Tempur Saudi Hancurkan Rumah Sakit Kepolisian, Restaurant & Showroom Mobil)

Langkah ini memicu kekecewaan para aktifis HAM, yang mana mereka secara bersama menyeru Komisaris Tinggi PBB untuk HAM Pangeran Zaed Ra’ad Bin Husein untuk membuka penyelidikan independen, khususnya serangan udara yang dilancarkan oleh Aliansi yang dipimpin oleh Saudi ke Yaman.

Dewan keamanan PBB mendapat kecaman atas serangan koalisi Saudi yang menewaskan 3800 rakyat sipil di Yaman sejak Maret 2015. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: