Internasional

Sebarkan Foto Palsu, TV Al-Arabiya Saudi Diancam Gugat

Salafynews.com – Wartawan Palestina Romel al-Sweti mengancam akan menuntut saluran televisi “al-Arabiya” lantaran  menerbitkan foto dirinya mengendarai keledai sebagai warga Yaman yang tengah  pergi bekerja  karena kelangkaan bahan bakar.

Saluran televisi “al-Arabia” Saudi itu, Sabtu (25/4) menayangkan berita dalam program, “Saya melihat” tentang seorang pegawai Yaman yang  meninggalkan mobilnya dan pergi untuk bekerja dengan  menunggangi keledai. Akan tetapi foto yang menyertai berita adalah foto wartawan Romel al-Sweti, direktur kantor surat kabar Al-Hayat al Jadidah di Nablus. Foto itu diambil ketika keluar dari rumahnya menuju tempat kerja sebagai sarana protes atas kenaikan harga bahan bakar  pada 2/9/2012 silam.

Al-Sweti menyatakan kekecewaannya atas  apa yang ia sebut sebagai “kecerobohan” dari pihak manajemen saluran al-Arabia dalam penggunaan foto tanpa referensi dirinya, selain pemakaian foto untuk berita yang tidak ada kaitan dengannya.

Ia mengatakan terkejut atas perilaku yang tidak bertanggung jawab oleh saluran televisi  sebesar “al-Arabia”, yang memiliki kemampuan teknis tinggi untuk membantu mereka memeriksa foto sebelum dipublikasikan.

Masalah itu telah menimbulkan kritik di antara sejumlah penulis, jurnalis dan media Palestina atas penayangan foto rekan mereka, Romel al-Sweti di sebuah program televisi secara tidak profesional.

Sejumlah otoritas hukum menyarankan wartawan al-Sweti menuntut  saluran Al-Arabiya dan menuntut permintaan maaf atas kecerobohan profesional terang-terangan ini, sehingga kejadian ini akan menjadi contoh di hadapan media apapun yang ingin memalsukan foto demi  meningkatkan orientasi media mereka sendiri. (ss)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: