Timur Tengah

Sejarah Baru, Bendera Palestina Berkibar di PBB

Salafynews.com, JAKARTA – Sejarah tercipta bagi Palestina, saat bendera kebangsaannya berkibar di Markas PBB untuk pertama kalinya, Rabu (30/9/2015). Pengibaran bendera ini dilakukan tak lama setelah Presiden Palestina Mahmoud Abbas berpidato dalam Majelis Umum PBB, yang menyerukan solusi bagi dua negara, Palestina dan Israel. Bendera Palestina dikibarkan di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk pertama kalinya Rabu pukul 12.00 waktu setempat atau pukul 24.00 WIB ini.

Bendera Palestina

Mahmoud Abbas bersama Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon memimpin seremoni pengibaran bendera Negara Palestina di Rose Garden. Dengan demikian, PBB secara resmi mengakui Palestina sebagai negara pemantau non-anggota yang benderanya berkibar di Markas PBB. Selain Palestina, negara pemantau non-anggota lain yang benderanya dapat dikibarkan di Markas PBB adalah Vatikan.

“Dalam momen bersejarah ini, saya menyerukan kepada rakyat kami di mana pun, kibarkan bendera milik rakyat Palestina tinggi-tinggi karena ini merupakan simbol dari identitas kami,” kata Abbas dalam seremoni itu. “Ini merupakan hari yang membanggakan,” ucapnya. Dalam editorial Huffington Post hari ini, Abbas menyebut pengibaran bendera Palestina sebagai momen harapan dan menyeru komunitas internasional untuk mengakui secara penuh kemerdekaan Negara Palestina sebagai penyelesaian secara damai konflik Palestina-Israel.

Israel dan Amerika Serikat sebelumnya sempat menentang pengibaran bendera Palestina di Markas PBB. Alasannya, pengibaran bendera tidak berdampak langsung terhadap perdamaian. Meski begitu, Ban Ki Moon menyebut pengibaran bendera itu penting yang bisa memicu aksi untuk perdamaian.

Kepada Aljazeera anggota Dewan PLO Mustafa Barghouti menyebut keputusan pengibaran bendera Palestina itu sebagai “langkah simbolis yang penting”. (SFA/MM/BerbagaiMedia)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: