Internasional

Serangan Udara AS Sasar Warga Sipil, 56 Orang Tewas dan Puluhan Terluka

Rabu, 20 Juli 2016

SALAFYNEWS.COM, SURIAH – Setidaknya 56 warga sipil tewas di utara Suriah karena serangan udara oleh koalisi pimpinan AS yang konon menargetkan teroris ISIS, kata kelompok pemantau yang berbasis di Inggris.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (SOHR) mengatakan 11 anak termasuk di antara para korban serangan udara koalisi dekat desa al-Tukhar, terletak dekat kota Manbij yang dikendalikan ISIS dekat perbatasan Turki. (Baca: AS-Turki Tak Inginkan Stabilitas Suriah)

Direktur SOHR Rami Abdel Rahman mengatakan serangan udara mengakibatkan puluhan warga sipil tak berdosa terluka, termasuk “beberapa orang dalam kondisi kritis”. Menurut kelompok pemantau, warga sipil yang terkena serangan itu karena mereka melarikan diri dari pertempuran di Tukhar.

Pada hari Senin, Observatorium mengatakan 21 warga sipil telah tewas dalam penggerebekan koalisi di daerah tersebut, 15 dari mereka di distrik utara Manbij dan enam lainnya di Tukhar. (Baca: Ketika Kaum Intelektual Kehilangan Kewarasannya dalam Menyikapi Konflik Suriah)

Manbij, terletak di provinsi Aleppo, adalah titik kunci di sepanjang jalur suplai utama ISIS dari perbatasan Turki hingga Raqqa. Sejak 31 Mei, kota ini telah menjadi target serangan yang didukung AS oleh SDF, sebuah koalisi pasukan Kurdi dan Arab.

Pada bulan Juni, SDF masuk ke kabupaten barat Manbij, tapi melambat pada bulan lalu karena pemboman dan ranjau darat yang ditanam oleh ekstremis. (Baca: Ali Khamanei: Target Utama Teroris ISIS Bukan Suriah dan Irak Tapi Iran)

Satgas multinasional terhadap ISIS memulai misi kontroversial di Irak pada akhir 2014 setelah ISIS merebut kendali atas wilayah barat dan utara negara itu. Kampanye udara kemudian diperluas untuk mencakup daerah di Suriah utara meskipun kritik dari pemerintah Suriah bahwa serangan melanggar kedaulatan negara Arab.

Namun, analis mengatakan serangan udara telah gagal melumpuhkan ekstrimis, yang terlibat dalam kejahatan terhadap kemanusiaan di wilayah yang dikendalikan teroris. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: