Internasional

Setelah Moskow Presiden Bashar Assad Akan Kunjungi Beijing

Sabtu, 10 September 2016,

SALAFYNEWS.COM, DAMASKUS – Surat kabar Lebanon As-Safir menyebutkan dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada hari Kamis (08/09), tentang berita kunjungan resmi yang akan dilakukan oleh Presiden Suriah Bashar al-Assad ke ibukota China, Beijing.

Jika berita ini benar, maka ini merupakan kunjungan kedua yang dilakukan Assad ke luar Suriah, sejak pecahnya peristiwa berdarah di negara itu. (Baca: Amerika Halangi China Bantu Suriah Perangi ISIS)

Surat kabar As-Safir dalam artikelnya juga menyebutkan bahwa kunjungan ini akan menandai sebagai kembalinya kekuatan Assad dan politik luar negeri Suriah ke kancah internasional.

Sumber itu juga mencatat bahwa kunjungan yang dinanti ini terlaksana setelah Assad menyetujui misi Beijing terhadapnya, yaitu saat tersebarnya berita tentang permintaan China terhadap Suriah untuk menyediakan pangkalan angkatan laut di pantai Suriah, di kota Tartus, di garis perbatasan Rusia. (Baca: Di Sela-sela KTT G 20 Putin Buka Rahasia Kenapa Bantu Suriah)

Untuk tujuan ini, China mengirim Laksamana Guan Youfei, Direktur Kerjasama Internasional di Komisi Militer China ke Damaskus, pada tanggal 16 Agustus lalu.

Perlu diingat bahwa China menyatakan menjaga diri selama tiga tahun pertama dalam perang Suriah, China cukup lama menahan diri dari mengimplementasikan perjanjian militer dengan Damaskus, tetapi dalam satu setengah tahun terakhir secara bertahap China mulai memberikan dukungan nyata terhadap Suriah dan melaksanakan apa yang telah dicapai dalam kesepakatan militer dengan Suriah. (Baca: Militer Cina Sediakan ‘Pelatihan Medis’ Untuk Militer Suriah)

Sementara itu, Laksamana Youfei berjanji akan melaksanakan pelatihan kesatuan tentara Suriah dan membantu untuk menguatkan kembali Angkatan Bersenjata Suriah. Ia juga menegaskan, “Air hangat Suriah lebih luas daripada sekedar menampung kapal-kapal Rusia, dan Tartus berfungsi untuk berkontribusi dalam strategi China dalam menerobos kepungan Amerika yang mengelilingi Suriah. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: