Internasional

SURIAH.. Paket Bantuan Kemanusiaan Internasional di Der Ez-Zor Jadi Mangsa Teroris ISIS

26 Februari 2016,

SALAFYNEWS.COM, MOSKOW – Sebuah sumber mengatakan, bahwa wilayah kota Deir Ez-Zor Suriah dikepung oleh para militan bersenjata teroris ISIS, disebutkan pula bahwa sebagian besar bantuan internasional yang telah dikirim ke kota itu jatuh di tangan kelompok teroris itu. (Baca: Dua Pesawat Rusia Angkut 50 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Suriah)

Sumber itu mengatakan kepada kantor berita Rusia “RIA Novosti”, Kamis (25/02), bahwa pesawat telah menjatuhkan beberapa kontainer berisikan bantuan yang dikirim oleh PBB untuk kota itu, namun sayangnya sebagian besar dari bantuan mendarat di daerah yang dikendalikan oleh kelompok teroris ISIS, disebutkan bahwa hanya ada dua kontainer saja yang jatuh tepat di daerah yang dikuasai oleh tentara Suriah.

Sumber yang sama juga mengatakan bahwa kelemahan dalam proses penurunan dua kontainer tersebut dengan menggunakan parasut telah mengakibatkan rusaknya paket saat mendarat di tanah. (Baca: Pesawat Bantuan Kemanusiaan Rusia Mendarat di Suriah)

Stephen O’Brien, Asisten Sekretaris Jenderal PBB mengatakan, Rabu (24/02), bahwa pengiriman pertama dari bantuan kemanusiaan telah dijatuhkan di atas wilayah udara kota Deir Ez-Zor, ia mencatat bahwa menurut informasi awal, pengiriman mendarat sesuai di tempat yang telah ditentukan. Ia juga menambahkan bahwa total bantuan yang dikirim oleh PBB dan mitranya telah sampai ke tangan 110 ribu warga di daerah yang terkepung di Suriah. (Baca: Putin: Tidak perlu membedakan antara ‘moderat’ & teroris lainnya)

Tak lama setelah itu, World Food Programme (WFP) melaporkan kegagalannya dalam mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada penduduk Deir Ez-Zor, ditambahkan pula bahwa beberapa ton paket bantuan dengan kargo itu telah membusuk karena kecelakaan saat mendarat, sedangkan sebagian lainnya mendarat bukan di tempat yang telah ditentukan. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: