Internasional

TEGA.. Arab Saudi Cegat Bantuan Kemanusiaan Milik PBB Masuki Yaman

09 Maret 2016,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Juru bicara resmi Sekjen PBB, Farhan Haq, mengatakan bahwa Arab Saudi masih terus mencegah kapal bantuan kemanusiaan milik Program Pangan Dunia (WFP), kapal Menburt Cedar dua minggu ditahan secara ilegal di pelabuhan Jizan. Kapal bantuan tersebut akan berlayar menuju pelabuhan Hodeidah dan Aden membawa misi kemanusiaan.

Ia menambahkan bahwa PBB telah memberikan informasi rinci tentang perangkat komunikasi yang dikirim, dan kini sedang menunggu dilepaskannya kapal tersebut, Middle East Panorama (07/03) memberitakan.

Sementara itu, Direktur Kantor PBB Urusan Koordinasi Kemanusiaan, John Ging, menjelaskan bahwa PBB telah melaporkan kepada pihak Saudi terkait rincian muatan bantuan yang akan dikirim sebelum kapal itu mulia berlayar, namun meski demikian pihak Saudi tetap menahannya. (Baca: UNICEF: 10 Juta Anak Yaman Membutuhkan Bantuan Kemanusiaan)

Pernyataan itu datang bersamaan dengan peringatan Amerika dan Arab Saudi bagi semua kapal agar segera meninggalkan pelabuhan Hodeida karena persiapan untuk penargetan, dan bahkan Asiri sendiri sebelumnya menegaskan bahwa kapal tersebut tidak membawa senjata, melainkan membawa bahan makanan dan alat-alat kedokteran dengan sejumlah dokter, mereka mengatakan bahwa beberapa dokter itu berkewarganegaraan Iran dan sebagian lagi berkewarganegaraan Eropa yang tergabung dalam organisasi bantuan internasional, namun Saudi mengatakan terdapat beberapa barang yang dilarang tanpa menyebutkan apa bahan-bahan itu? (Baca: 15 Juta Warga Yaman Darurat Bantuan Medis)

Sebagaimana diungkapkan oleh PBB, kapal itu membawa bantuan kemanusiaan Program Pangan Dunia, Menburt Cedar. Arab Saudi melarang kapal tersebut berlayar ke pelabuhan Hodeida setelah dua minggu ditahan di pelabuhan Jizan dalam perjalanannya dari Djibouti, kapal tersebut membawa bantuan kemanusiaan dan peralatan komunikasi milik PBB. (SFA)

1 Comment

1 Comment

  1. Habib Hasan Alatas

    March 29, 2016 at 5:47 pm

    Arab Saudi tidak menggambarkan sebagai Muslim yang baik. Bukan saja sanggup membunuh rakyat awam Yaman malah mereka sanggup menghalang bantuan makanan dan obat-obat dari PBB untuk rakyat Yaman yang sedang menderita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: