Internasional

Tegang dengan Barat, AL Rusia-China Adakan Latihan Militer Gabungan

Salafynews.com, Moscow – Sembilan kapal Angkatan Laut Rusia dan China berkumpul di Laut Mediterania untuk melakukan latihan militer gabungan. Menteri Pertahanan Russia menyatakan pada hari Minggu(17/5), bahwa latihan gabungan akan berlangsung hingga 21 Mei 2015.
Latihan militer gabungan yang pertama kali dilakukan oleh kedua Negara ini, berlangsung di tengah ketegangan antara Rusia dan pihak Barat atas konflik yang terjadi di Ukraina, dan juga ditengah usaha keras China untuk memperoleh ketegasan dalam memperoleh klaim penuh atas wilayah territorial lautnya.

Pihak Kementrian menyatakan bahwa markas besar pelatihan telah dibangun di atas Kapal Penjelajah Moskva yang merupakan bagian dari Armada Laut Hitam berbasis di Krimea, semenanjung moskow yang telah dicaplok dari Kiev pada Maret 2014.

Alexander Fedotenkov, wakil komandan Angkatan Laut Rusia yang memimpin latihan militer dari pihak Rusia menyatakan, bahwa latihan gabungan 2015 ini tidak ditujukan untuk menyerang Negara ke-tiga.

“Tujuan pelatihan ini adalah untuk membangun saling pengertian antara dua Angkatan Laut demi memperkuat stabilitas, mengatasi tantangan-tantangan baru, serta ancaman-anacaman di laut,” ucap Fedotenkov.

Meningkatnya jumlah latihan-latihan militer yang dilakukan Moskow, akibat memburuknya hubungan Rusia dan Barat, menuai kritik tajam dari NATO.

Rusia menyatakan harus melindungi kepentingan negaranya seiring meningkatnya aliansi militer di wilayah itu.
Sementara itu, Beijing juga tengah gencar meningkatkan kekuatan militernya semenjak Xi Jinping menjabat sebagai Presiden di tahun 2013, ia menekankan untuk menjadikan Angkatan Laut sebagai kekuatan Negara, terutama menyangkut urusan Laut China Selatan.

Dua Negara pemegang hak veto di Dewan Keamanan PBB, China dan Rusia memang cenderung berselisih dengan Barat dalam pandangannya mengenai pemecahan masalah-masalah politik internasional.(LM/Reuters)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: