Eropa

Telegraph: ISIS Untung 20 Juta Dolar Per Bulan dari Bursa Saham

05 Maret 2016,

SALAFYNEWS.COM, INGGRIS – Surat kabar Inggris “The Telegraph” mengatakan bahwa kelompok teroris ISIS meraup keuntungan senilai hampir 14 juta pound sekitar 19.5 juta dolar dapat melalui pasar saham.

Laporan surat kabar tersebut menunjukkan bahwa informasi yang menyebutkan kelompok teroris ISIS menggunakan Bursa Efek disampaikan selama pertemuan sesi Sub-komite Urusan Luar Negeri Inggris yang khusus untuk menentukan peran beberapa negara dalam mendanai ISIS. (Baca: Polisi Spanyol Tangkap 7 Pengumpul Dana ISIS dan Al-Qaeda)

Surat kabar itu melaporkan bahwa nilai dana yang dikelola kelompok teroris ISIS dari bank sentral di Mosul sekitar 429 juta dolar, kelompok teroris tersebut mengelolanya dan mendapatkan uang melalui proses spekulasi mata uang dan kemudian sejumlah uang tersebut ditransfer ke rekening mereka, Middle East Panorama (03/03) memberitakan.

John Baron, ketua subkomite, mengatakan bahwa uang tunai yang dikelolah oleh kelompok teroris ISIS ditransfer ke bank di Yordania dan kemudian dikembalikan lagi melalui beberapa bank Baghdad. (Baca: Akibat Krisis Keuangan ISIS Culik dan Jual Anak ke Suriah dan Turki)

The Telegraph menegaskan bahwa hasil keuntungan dari pasar saham merupakan sumber dana yang paling penting bagi kelompok teroris ISIS, selain itu sumber dana yang lainnya berasal dari operasi penyelundupan minyak dan penculikan orang. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: