Internasional

TENDANG DOLAR! Iran Lakukan Transaksi Perdagangan Minyak Hanya dengan Euro

07 Februari 2016,

SALAFYNEWS.COM, TEHERAN – Pada hari Jum’at (05/02), Iran menunjukkan bahwa negara itu hanya mau pembayaran untuk transaksi minyaknya dengan menggunakan Euro dan tidak dalam mata uang dolar atau mata uang lainnya. (Baca: Riyal Saudi Terkapar, Bank Central Saudi Siaga)

Dolar ASReuters mengutip seorang pejabat dari Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC) yang mengatakan bahwa aturan tersebut diterapkan dalam penandatanganan perjanjian terbaru dengan perusahaan energi raksasa Total, Perancis, kilang minyak Spanyol, Cepsa, dan Lukoil, Rusia.

“Dalam faktur kami, kami menyebutkan sebuah klausul yang menyatakan bahwa pembeli minyak kami harus membayar dengan Euro, mengingat nilai tukarnya terhadap dolar di seputar waktu pengiriman,” ungkap sumber dari NIOC itu yang tak mau disebut namanya, kepada Reuters. (Baca: Kerry; Amerika Akan Bayar Hutang 400 Juta Dolar ke Iran Berikut Bunganya 1,3 Milyar Dolar)

Iran juga telah mengatakan kepada mitra dagangnya termasuk India yang berutang miliaran dolar bahwa pihaknya ingin dibayar dengan euro ketimbang dolar AS, tambah sumber tersebut.

Sumber NIOC itu lebih jauh menekankan bahwa Bank Sentral Iran (CBI) telah menetapkan kebijakan tersebut sewaktu negara itu masih berada di bawah sanksi. “Iran bergeser ke euro dan membatalkan perdagangan dalam dolar karena alasan politik,” kata sumber itu. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: