Internasional

Tentara Irak Rebut 60 % Kawasan Strategis di Timur Ramadi

Salafynews.com – Tentara Irak mengalami kemajuan dalam melawan teroris ISIL di bagian Timur kota Ramadi, dan mengambil lebih dari 60 persen dari wilayah al-Sajjaria dari kelompok teroris.

“Pasukan keamanan berhasil merebut kembali lebih dari 60 persen wilayah al-Sajjaria di bagian Timur kota Ramadi,” kata sumber Command Cente Al-Anbar, Selasa.

Sumber militer menegaskan bahwa pasukan keamanan Irak yang didukung oleh pasukan relawan dan suku Irak dalam sebuah operasi dengan kode sandi “Labbaik Ya Irak” kembali menguasai banyak wilayah di Ramadi Timur, termasuk 60 persen dari wilayah al-Sajjaria.

Tahap kedua dari operasi pasukan relawan Irak dengan kode sandi “Labbaik Ya Rasalallah ” menggebrak kembali Utara Tikrit, ibukota provinsi Salahuddin, Samarra dan Ramadi, ibukota provinsi Anbar.

“Operasi kedua membentang ke arah Utara Tikrit untuk mengambil kembali  kendali wilayah yang tersisa dari kota Samarra, dan akan langsung menuju ke arah Ramadi,” situs Ain al-Araq News mengutip pernyataan dari  pasukan relawan Irak.

Pada hari Minggu, tentara Irak, yang didukung oleh pasukan relawan Syiah dan Sunni, berhasil merebut kembali beberapa daerah strategis di lingkungan kota Ramadi.

Pasukan Irak mengambil kembali Al-Tamim, Al-Tash dan Al-Hamira 5 km sebelah Timur Ramadi dan Universitas Anbar 7 km ke barat daya kota.

Pasukan Irak sekarang hanya 3 km dari pusat kota Ramadi dan mereka telah menguasai pangkalan militer yang sebelumnya dikuasai ISIL. 

“Para militan dipaksa untuk menarik diri dari pangkalan militer setelah kami menyerang mereka dari sisi Barat Ramadi,” dikutip dari koran berbahasa arab As-Sharq al-Awsat dari Kepala Polisi Al-Anbar Hadi Razih. [AH] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: