Internasional

Tentara Turki Tewas di Dekat Perbatasan Irak

ANKARA, Salafynews.com – Pemerintah Turki mengatakan seorang tentara berpangkat sersan tewas dalam serangan di dekat perbatasan negara itu dengan Irak.

Militer Turki mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tentara yang berpakaian sipil “ditembak di kepala di depan bank,” oleh seorang pejuang Partai Pekerja Kurdistan (PKK), yang dianggap sebagai kelompok teroris oleh Ankara, di kota Semdinli, pada Selasa (28/7/2015).

Beberapa polisi militer juga tewas dalam serangan di provinsi Mus, tenggara Turki pada Senin (27/7). Pihak berwenang menahan 10 orang untuk ditanyai atas insiden tersebut.

Turki baru saja meluncurkan serangan udara terhadap posisi-posisi yang dikendalikan oleh militan ISIL di Suriah dan PKK di Irak, setelah serangan bom mematikan yang menewaskan 32 orang tewas di kota barat daya Suruç, di seberang perbatasan dari kota Kurdi Suriah Kobani.

Sementara itu, NATO mengumumkan dukungannya atas serangan udara Turki terhadap Irak dan Suriah setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meminta aliansi militer harus siap untuk membantu negaranya dalam perang melawan militan.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg menyuarakan posisi organisasi pada saat sesi pembukaan pertemuan darurat di ibukota Belgia, Brussels, yang diminta oleh Turki.

Erdogan mengatakan Turki tidak punya rencana untuk mengakhiri serangan udara terhadap kedua negara tetangga. Dia juga mengatakan saat ini tidak mungkin tetap berpegang pada proses perdamaian dengan Kurdi, yang mencari pemerintahan sendiri di selatan negara itu, setelah menuduh mereka melakukan serangan lanjutan. [PTV/AM/SFA]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: