Internasional

Tentara Yaman Tingkatan Operasi Militer di Arab Saudi

tentara-yaman

Sabtu, 05 November 2016,

SALAFYNEWS.COM, YAMAN – Dalam beberapa hari terakhir ini, pasukan Yaman telah meningkatkan operasi militernya terhadap markas-markas militer Saudi, dengan tujuan untuk merintangi kekuatan tentara Saudi dalam mengendalikan jalannya operasi lapangan dan menimbulkan kerugian besar. (Baca: Krisis Pangan dan Kelaparan Hadiah Saudi kepada Rakyat Muslim Yaman)

Pasukan Yaman berhasil mengambil alih kontrol pusat pengendalian militer Saudi di daerah Asir, yang merupakan salah satu pusat pengendalian militer Saudi di pinggiran Dhahran, provinsi Asir.

Menjelang akhir perlawanan militer, pasukan Yaman meledakkan menara pusat pengendalian militer Saudi yang terletak di puncak gunung, dan pasukan Yaman memperoleh sejumlah senjata dan amunisi yang telah ditinggalkan oleh tentara Saudi di barak-barak pertahanan yang tersebar di sekitar menara.

Operasi ini merupakan bagian dari serangkaian operasi militer yang dilakukan oleh pasukan gabungan Yaman terhadap puluhan markas militer Saudi di daerah Asir. Sumber militer Yaman juga mengumumkan jatuhnya pesawat mata-mata Saudi di wilayah Alib yang terletak di garis perbatasan antara kedua negara. (Baca: Ulama Yaman Kecam Media Saudi yang Sebarkan Berita Hoax Houthi Serang Ka’bah-Mekkah)

Di samping itu, tiga tentara Saudi juga tewas di markas al-Majazah di timur Asir, akibat serangan yang menargetkan kendaraan-kendaraan militer Arab Saudi dan menyebabkan kehancuran kendaraan itu. Selain itu, di salah satu daerah terdapat sebuah markas militer Saudi, pasukan Yaman berhasil membakar tiga kendaraan militer dan gudang penyimpanan senjata.

Dalam dua hari terakhir ini juga tercatat peningkatan yang begitu signifikan dari operasi penembakan yang dilakukan oleh penembak-penembak jitu Yaman, yang telah menewaskan 9 personil militer Saudi di markas-markas militer yang berbeda (markas Malthah di Asir, markas Faridoh dan Mu’niq di al-Khobh dan markas Tol’ah di Najran), seperti dilansir thelinkyemen (03/11).

Dalam konteks eskalasi operasi militer, pasukan rudal dan artileri Yaman berhasil membakar sekitar 5 gudang senjata milik pasukan Saudi di daerah Najran dan Asir. Sumber di lapangan juga menegaskan bahwa tim formasi khusus milik unit pengendali dan pemantau Yaman telah maju secara bertahap ke tempat-tempat perkumpulan tentara Saudi dan gudang-gudang persenjataan mereka, selain ke markas-markas baru mereka.

Sumber itu juga mengatakan bahwa komando operasi pasukan Yaman terus memantau pergerakan tentara Saudi dan perkembangan terbaru mereka di lapangan untuk mengurangi terjadinya salah sasaran dalam serangan artileri dan rudal yang dilancarkan setiap hari oleh pasukan Yaman, dan untuk memperbesar tingkat kerugian di barisan pasukan Saudi dan peralatan perang mereka.

Sumber tersebut juga mengatakan bertambahnya ketergantungan tentara Saudi pada kekuatan Angkatan Udara sebagai akibat hilangnya kemampuan mereka dalam mengontrol jalannya operasi di tanah Yaman dan sempitnya wilayah pergerakan-pergerakan dan perpindahan mereka. Sumber militer Yaman telah mengkonfirmasi bahwa telah terjadi peperangan di dalam kamp Ein al-Tsaurain di Asir setelah kamp tersebut menjadi target dari serangan artileri Yaman. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: