Eropa

Teroris Semakin Terdesak di Mosul, Kepala Staf Militer Turki Merapat ke AS

Minggu, 16 Oktober 2016,

SALAFYNEWS.COM, ANKARA – Surat Kabar Turki melaporkan, pada hari sabtu bahwa Kepala Staf Militer Turki  Jenderal Hulusi Akar berencana mengunjungi AS untuk membahas perang pembebasan Mosul yang semakin dekat. (Baca: Rakyat Irak Tolak Kehadiran Militer Turki)

Sedangkan surat kabar ”Zaman“ memberitakan bahwa kunjungan Kepala Staf Militer Turki ke Amerika dalam rangka hadiri pertemuan dengan para Kepala Staf Militer Negara-negara Koalisi.

Ia menambahkan bahwa kunjungan ini datang setelah deklarasi kerjasama pasukan terlatih Turki yang berbasis di Ba’shiqah untuk pembebasan Mosul dari cengkeraman organisasi teroris ISIS, dengan harapan pembebasan terjadi beberapa hari lagi, dalam pertemuan itu juga Hulusi akan berdialog dengan perwakilan Negara koalisi tentang situasi di Mosul dan rincian proses operasi pembebasannya, seperti dilansir Al Maalomah (15/10).

Namun menurut Nouri Maliki menyerukan kepada rakyat Irak untuk “mempersiapkan diri dan memperhatikan rencana baru musuh yang mencoba untuk menjalankan proyeknya di tanah Irak. Yang dimulai dengan memisahkan Anbar, dan dengan menempatkan pasukan Turki di Mosul”. (Baca: Pasukan Pembebasan Mosul Mampu Berperang Selama 6 Bulan Berturut-turut)

Nouri Irak mengatakan bahwa “Turki mempertontonkan kemunafikan dalam memerangi terorisme dan ISIS, karena mereka mengaku berperang melawan kelompok teroris sementara pada saat yang sama mereka secara diam-diam mendukung kelompok itu, dengan melengkapi semua yang dibutuhkan baik berupa senjata dan peralatan militer maupun sistem.”

Ia menambahkan bahwa “pasukan militer (Turki) yang ada (di Mosul) adalah pasukan yang menyerang (Irak), maka dari itu mereka harus segera pergi, jika tidak, maka opsi yang akan diambil adalah konfrontasi di atas tanah air, karena seluruh rakyat Irak pada semua lapisannya menolak kehadiran pasukan asing di wilayahnya”. (Baca: Pashmerga: Klaim Bentrokan Turki Dengan ISIS Hanya Propaganda Busuk Ankara)

Pada kesempatan itu, Maliki juga meminta kepada seluruh rakyat Irak untuk “turun ke jalan untuk mengambil bagian dalam demonstrasi pada hari Sabtu guna menolak keberadaan pasukan Turki di wilayah Irak”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: