Internasional

Terowongan Bawah Tanah ISIS Ditemukan Senjata Buatan Amerika

27 November 2015

SALAFYNEWS.COM, SINJAR – Terowongan bawah tanah yang diduga dibangun oleh kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), telah ditemukan di Sinjar. Di terowongan tersebut terdapat ruangan tidur, jaringan listrik, karung pasir, obat-obatan dan salinan Alquran.

Bom dan senjata buatan Amerika juga ditemukan tersimpan di sekitar 30 sampai 40 terowongan, beberapa di antaranya memiliki panjang beberapa ratus meter. (Baca Pasukan Irak Sita Bantuan Persenjataan, Amunisi dan Kendaraan Perang Saudi untuk ISIS)

Laman Metro.co.uk, Kamis 26 November 2015, mengatakan pasukan Kurdi menemukan terowongan tersebut setelah menyerbu kota awal bulan ini.

Sebagian besar terowongan berawal dan berakhir di dinding dan lantai rumah–kini dalam koindisi terlantar–di kota. (Baca Prof Tim Anderson Ungkap Dalang dan Bos Teroris ISIS)

“Kami menemukan antara 30 dan 40 terowongan di Sinjar. Itu seperti sebuah jaringan dalam kota,” kata seorang pejuang Kurdi yang dipanggil Shamo Eado.

“Daesh (sebutan lain untuk ISIS) menggali parit ini untuk bersembunyi dari serangan udara dan melakukan gerakan bawah tanah secera bebas serta untuk menyimpan senjata dan bahan peledak. Ini adalah persenjataan militer mereka,” ujar Shamo. (Baca Pejuang Suku Albu Nimr Irak Pecundangi ISIS dan Tewaskan 35 Orang Teroris)

ISIS menguasai Sinjar pada Agustus 2014 setelah membunuh sebagian besar warga Yazidi. Yazidi adalah kelompok minoritas penganut agama kuno yang tidak disukai oleh ISIS karena mereka dipandang sering bertindak provokatif. (Baca Pembantaian Yazidi di Bukit Sinjar)

ISIS dikatakan memiliki puluhan wanita Yazidi di kurungan, dijadikan sebagai budak seks. Beberapa wanita yang lolos mengatakan mereka dipaksa masuk Islam dan menikah anggota militan. Ada dugaan mereka juga pernah dikurung di terowongan tersebut. (SFA)

Sumber: Tempo

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Intelijen Militer Irak Sita Senjata ISIS dalam Skala Besar di Khalidiya Ramadi | SALAFY NEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: