Amerika

The National Interest; Iran Akan Kalahkan Arab Saudi Dalam Setiap Pertempuran

16 Januari 2016

WASHINGTON, SALAFYNEWS.COM – Seorang ahli masalah Iran di Universitas Harvard,  Payam Mohseni, dalam sebuah artikel menulis ketegangan yang tumbuh dua minggu terakhir antara Arab Saudi dan Iran. Dia menegaskan bahwa keluarga kerajaan Saudi tidak memahami potensi dan kemampuan yang dimiliki Iran dalam bermanuver dan mengelola Perang Dingin yang dapat meningkatkan kesulitan situasi di Saudi.

Mohseni dalam sebuah artikelnya di surat kabar “The National Interest” menganggap bahwa Teheran jauh lebih unggul atas Riyadh dalam memenej krisis hubungan antara keduanya. Dia menjelaskan  bahwa Iran memiliki lebih banyak kesempatan untuk mengambil keuntungan dari situasi saat ini. Selain itu, ia juga mencatat bahwa elemen-elemen Garda Revolusi Iran memiliki kemampuan luar biasa dalam mengeksploitasi titik-titik kelemahan Arab Saudi dan negara-negara lain. Dia memperingatkan bahwa keahlian dan kapasitas militer Teheran jauh berada di atas Riyadh, ditambah lagi Iran tidak pernah gentar dalam konfrontasi, bahkan hal itu telah terbukti di hadapan tekanan eksternal.

Mohseni menyatakan keyakinannya bahwa krisis saat ini bisa menghasilkan jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya dari titik kelemahan Arab Saudi, yang akan menimbulkan ancaman serius bagi sistem politik di negara itu.

Di sisi lain, ia juga menyampaikan apa yang ia sebut “kegagalan Riyadh”, terutama saat negara-negara besar bersedia menandatangani kesepakatan program nuklir Iran dan mencabut sanksi terhadap Teheran. Tentu hal ini akan membuat ekonomi Iran stabil. Selain itu, prestasi gemilang yang diraih oleh Iran di Suriah dan masuknya Rusia di wilayah tersebut, ditambah lagi dengan partisipasi Teheran dalam negosiasi penyelesaian krisis Suriah di Jenewa. [Sfa/AS/Ahed]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: