Internasional

Tidak Ada Satupun Yang Dapat Mengelola Mekkah

Salafynews.com, MEKKAH – Gubenur Mekkah dalam pernyataannya mengatakan bahwa tidak ada seorang pun di dunia ini selain keluarga Saudi, yang dapat mengelola pelaksanaan ibadah haji. (Baca Al Saud Tidak Becus Urus Masjidil Haram)

Kantor berita al-Alam News Agency melaporkan bahwa Khalid al-Faisol dalam konfrensi persnya mengklaim tidak ada seorang pun di dunia yang memiliki keahlian dan pengalaman dalam mengelola Mekkah dan pelaksanaan ibadah haji, selain dari keluarga Saudi.

Emir Mekkah Khalid al-Faisol mengeluarkan pernyataan ini beberapa jam setelah peristiwa itu terjadi. (Baca Konsorsium Putra Mahkota Saudi Bertanggung Jawab Atas Kecelakaan di Masjidil Haram)

Sejumlah aktivis Saudi mengecam pernyataannya, yang lebih menunjukkan keangkuhan dari pada menunjukkan rasa empati dan belasungkawa kepada para korban dan keluarga korban.

Para aktivis pun dalam akun twitternya mem-bully Emir Mekkah itu, dengan mengingatkan bahwa peristiwa ini bukan tragedi satu-satunya. Tragedi kematian yang banyak menelan korban jiwa jamaah haji juga banyak terjadi sebelum-sebelumnya, seperti tragedi kebakaran di Arafah, tragedi di trowongan Mina, tragedi di saat lempar Jumrah dan lainnya. (Baca Ini 9 Tragedi Kecelakaan Maut saat Musim Haji di Arab Saudi)

Emir Mekkah

Sementara, para pejabat Saudi terkait masalah jatuhnya crane sepakat mengatakan bahwa peristiwa itu adalah ketentuan dan kehendak Tuhan, dan terus mengkambing hitamkan cuaca buruk pada saat itu. (Baca Saudi Salahkan ‘Tuhan’ dalam Tragedi Crane Jatuh di Masjidil Haram)

Setidaknya 107 orang meninggal akibat rubuhnya crane konstruksi menimpa jamaah haji di Masjid Agung Mekah pada hari Jumat. Insiden itu melukai 238 orang.

Media-media Arab juga mengkritik lambannya penanganan para korban hingga menyebabkan kematian karena banyak kehilangan darah. (SFA/AM)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: