Internasional

Tokoh Agama dan Rakyat Mesir Turun Jalan Peringati Maulid Nabi Muhammad

26 Desember 2015,

SALAFYNEWS.COM,MESIR – Ribuan mahasiswa Al-Azhar Kairo dan para tokoh Sufi serta rakyat Mesir lainnya turun ke jalan dan berjalan kaki dalam sebuah konvoi dari Masjid Saleh al-Jaafari, melewati Al-Azhar Street, menuju ke masjid Al-Hussein untuk peringati perayaan maulid Nabi Muhammad SAW, menurut kantor berita FNA (24/12). (Baca: Menteri Agama Al-Jazair: Fatwa ‘Bid’ah Maulud’ Wahabi Jauhkan Umat Islam Mencintai Nabi)

Tampak di masjid Hussein yang terletak di pusat Kairo tempat diadakannya perayaan besar yang bertepatan dengan maulid Nabi Muhammad SAW yang mendapatkan pengawasan ketat dari keamanan Mesir, dimana sejumlah besar siswa Al-Azhar dan para ulama serta masyarakat ikut ambil bagian di dalamnya, hadir pada kesempatan itu mantan Mufti Mesir Shaikh DR. Ali Gomaa Mohamed Abdel Wahab dan Sheikh Ahmed Omar Hashem yang merupakan salah satu anggota Ulama Senior dan anggota Akademi Riset Islam, juga hadir disitu Sheikh Yassin Thami pelantun lantunan qasidah Islami. (Baca: Menjawab Kritikan Ust Felix Siauw “Wahabi-Salafy” Tentang Dakwah Para Wali dan Habaib)

Perayaan maulid itu disiarkan oleh televisi pemerintah Mesir secara langsung, dalam sambutannya Sheikh Ali Gomaa, mantan Mufti Mesir menyampaikan ucapat selamat kepada umat Islam atas hari kelahiran  Nabi Muhammad SAW, ia juga menyerukan perlunya menjaga persatuan nasional dan Islam.

Disebutkan pula bahwa pihak kepolisian munutup tempat Pariwisata di daerah sekitaran masjid Husseini karena tempat tersebut menjadi konsentrasi acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW, dimana sejumlah besar ulama turun langsung ke jalan Hamdeya, Chadelya dan Al Azmieya dan Al Rifaeya serta al-Qasabeya.

Para tokoh agama dan masyarakat bersama-sama berjalan kaki menuju ke masjid Al-Hussein, sambil mengangkat spanduk bertuliskan nama setiap jalan dan spanduk bertuliskan pujian atas Nabi Muhammad SAW. (Baca: Stempel Syiah Cara Wahabi, Teroris Serta Kelompok Radikal Padamkan Cahaya Qur’an dan Sunnah yang Cinta Persatuan)

Dar al-Fatwa Mesir mengeluarkan pernyataan mengenai peringatan perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, mengatakan bahwa “apa yang dilakukan oleh mereka yang memperingati maulid Nabi di beberapa tempat di Mesir dengan cara berjalan kaki bersama dengan membawa spanduk berisikan slogan-slogan agama serta melantunkan puisi pujian atas Nabi, tidak ada yang salah di dalamnya selama tidak ada yang bertentangan dengan syariat dan selama tidak menganggu kepentingan umum”. (SFA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: