Internasional

Turki Gerbang Masuk Teroris ke Suriah dan Iraq

Salafynews.com – Departemen Luar Negeri AS mengatakan teroris asing menggunakan Turki sebagai “rute transit utama” sebelum mereka menyebrang ke Irak dan Suriah.

“Berdasarkan letak geografis dan transportasi internasional antar kedua negara antara perbatasan panjang Suriah, Irak, dan Turki.  Kelompok-kelompok teroris menjadikan Turki sebagai tempat transit utama sebelum masuk ke Suriah atau Irak, sepanjang tahun 2014” kata Departemen Luar Negeri AS dalam laporan tahunannya yang berjudul “Laporan Terorisme 2014” yang diterbitkan pada hari Jumat 19/6.

TurkiLaporan itu juga mengungkap buruknya keamanan di perbatasan negara-negara tersebut, hal itu terlihat dari kegagalan pemerintah Turki dalam memperketat persyaratan visa bagi neraga-negara sumber teroris seperti Libya, Saudi dan beberapa negara pecahan Uni Soviet.

Pada awal Juni lalu, Presiden AS Barack Obama mengecam Ankara karena gagal memantau perbatasan dalam upaya mencegah transfer militan Takfiri ke dua negara Arab bergolak Irak dan Suriah.

Laporan Departemen Luar Negeri AS dikeluarkan saat Washington, bersama dengan Barat dan sekutu Arab, terlibat pelatihan teroris dan pendukung utama dari ekstrimis Takfiri yang beroperasi di Suriah sejak 2011.

Washington dan Ankara menandatangani kesepakatan pada bulan Februari untuk melatih dan mempersenjatai militan di Suriah.

Pada tanggal 25 Mei, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan saat ini militan sedang dilatih dan dilengkapi di kota Kirsehir dibawah program Ankara-Washington. [SFA] 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: