Internasional

Turki-Israel Adakan Pertemuan Super Rahasia

Salafynews.com, ANKARA – Surat kabar Israel melaporkan bahwa pejabat Senior Israel kembali bertemu dengan pejabat Turki dalam sebuah pertemuan rahasia di Roma pada hari Senin (22/6) kemarin untuk memperbarui pembicaraan mengenai kesepakatan rekonsiliasi antara dua negara.

Menurut surat kabar Haaretz, Menlu Israel, Direktur Jendral Dore Gold dan wakil dari kementrian Luar Negeri Turki, Feridun Sinirlioglu, yang bertanggung jawab terhadap hubungan Turki-Israel bertemu di Roma secara rahasia. Laporan tersebut bahkan menyatakan bahwa pejabat Israel tersebut bahkan tidak mengatakan rencananya  kepada Penasihat Keamanan Nasional, Yossi Cohen ataupun kantor Perdana Menteri Israel urusan khusus untuk Turki, Joseph Ciechanover, yang menangani hubungan dengan pemerintahan Recep Tayyib Erdogan selama lima tahun terakhir, dan menjalin komunikasi dengan Sinirlioglu.

Turki IsraelHubungan diplomatik antara Turki dan Israel memburuk pada Mei 2010 setelah pasukan komando Israel menewaskan delapan warga Turki dan seorang Amerika asal Turki di perairan internasional di kapal Mavi Marmara. Mavi Marmara kala itu sedang memimpin “Gaza Freedom Flotilla” yang membawa bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Jalur Gaza, yang  berada di bawah blokade Israel sejak 2007.

Duta Besar Israel kemudian diusir dari Ankara pada bulan September 2011 karena Israel menolak untuk meminta maaf atas pembunuhan warga Turki tersebut. Israel secara resmi meminta maaf pada tahun 2013 untuk apa yang disebutnya “kesalahan operasional” yang telah menyebabkan kematian para korban tersebut. Turki dan Israel telah menegosiasikan kesepakatan kompensasi, namun begitu kesepakatan belum pernah terjadi.

Dan setelah terjadinya  serangan Israel atas Gaza pada musim panas 2014, komentar  Presiden Recep Tayyip Erdogan tenang Israel telah menyebabkan keretakan antara kedua negara semakin luas. Pada bulan Juli Erdogan mengatakan bahwa Israel telah setuju untuk mencabut blokade atas Gaza sebagai bagian dari perundingan normalisasi antara Israel dan Turki, akan  tetapi adanya serangan Israel di Gaza mengungkapkan bahwa Israel tidak ingin normalisasi dan Turki. [SFA]

1 Comment

1 Comment

  1. wababi sisapi

    June 24, 2015 at 11:34 am

    Ini sih bukan rahasia lagi………….sudah terbuka lebar dibuplik…………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top
%d bloggers like this: