Umum

Turki Rekrut Muslim Uyghur Gabung ISIS Suriah

Salafynews.com, ANKARA – Seorang pejabat tinggi China mengungkapkan bahwa Turki telah merekrut warga Muslim Uyghur dari Provinsi Xinjiang untuk dikirim ke Suriah.

Muslim_Uyghur_Gabung_ISIS

Turki Rekrut Muslim Uyghur Gabung ISIS

“Para diplomat Turki di Asia Tenggara telah memberikan kartu tanda penduduk Turki (semacam KTP) kepada muslim Uyghur di Xinjiang dan kemudian mengirim mereka ke Turki untuk berperang melawan pemerintah Suriah bersama ISIL,” situs berita Irak al-qanoon mengutip pernyataan Tong Bichan, kepala Departemen Kriminal dan Kementerian Keamanan Publik China kepada wartawan, Senin.

Muslim Uyghur adalah kelompok minoritas Tionghoa yang berbicara bahasa Turki. Awal bulan ini, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengakui secara terbuka bahwa Ankara telah mendukung teroris di Suriah.

Turki Terlibat Rekrutmen Anggota ISIS

“Jika bukan karena dukungan dari Turki, Arab Saudi dan Qatar untuk militan di Suriah, mereka tidak bisa mencapai apa-apa,” kata Erdogan, seperti yang dikutip koran Hurriyat.

Dia menegaskan bahwa Ankara, Riyadh dan Doha telah menyediakan militer dan cadangan logistik untuk teroris.

Pada akhir Juni, surat kabar al-Hayat yang berbasis di London melaporkan bahwa 12.000 pasukan Turki siap untuk intervensi militer di Suriah dengan dalih menciptakan zona penyangga untuk melindungi perbatasan Turki dari ancaman kelompok teroris. (SFA/BB/FNA)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

SalafyNews Media Islam Terpercaya, Dan Anti HOAX

Media yang Menjelaskan Tentang Cinta Tanah Air dan Bangsa

Gabung di FP FB Salafy News

Copyright © SALAFY NEWS 2015

To Top
%d bloggers like this: